Kecelakaan

Penjelasan Terbakarnya Pesawat Lion Air saat Mengudara Hingga Kembali ke Bandara Soetta  

Lion Air Group menyampaikan penjelasan dan klarifikasi terkait pesawatnya rute Jakarta-Palembang yang terbakar dan kembali ke Bandara Soetta

Istimewa
Ilustrasi pesawat Lion Air. Lion Air Group menyampaikan penjelasan dan klarifikasi terkait pesawatnya rute Jakarta-Palembang, yang mengalami kerusakan di bagian mesin kiri atau memunculkan api saat mengudara. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG -- Lion Air Group menyampaikan penjelasan dan klarifikasi terkait pesawatnya rute Jakarta-Palembang, yang mengalami kerusakan di bagian mesin kiri atau memunculkan api saat mengudara.

Pesawat Lion Air dengan kode penerbangan JT330 itu mendadak Return To Base atau kembali lagi ke Bandara Soekarno-Hatta usai lepas landas pada pukul 17.13 WIB, Rabu (26/10/2022).

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pesawat terpaksa kembali ke Bandara Soetta, lantaran pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak beroperasi seperti seharusnya.

Pesawat Lion Air JT330 rute Jakarta-Palembang mengalami masalah di mesin kiri yakni terbakar. Sehingga pilot memutuskan kembali lagi ke Bandara Soekarno Hatta, Rabu (26/10/2022).
Pesawat Lion Air JT330 rute Jakarta-Palembang mengalami masalah di mesin kiri yakni terbakar. Sehingga pilot memutuskan kembali lagi ke Bandara Soekarno Hatta, Rabu (26/10/2022). (akun Twitter)

Baca juga: Pesawat Lion Air Jakarta-Palembang Terbakar, Kembali Mendarat di Bandara Soetta

Oleh karena itu, untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal yakni Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Pesawat Lion Air rute Jakarta-Palembang itu lepas landas dari Bandara Soetta pukul 17.13 WIB, mulanya fase mengudara berjalan normal dan pilot pun menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur," ujar Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya, Rabu (26/10/2022) malam.

"Akan tetapi pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan pesawat perlu segera dilakukan pengecekan dan akhirnya kembali lagi menuju Bandara Soekarno-Hatta," ungkapnya.

Baca juga: Garuda Indonesia Travel Fair 2022 Tawarkan Diskon 80 Persen Harga Tiket Pesawat, Ini Daftar Rutenya

Menurutnya, pesawat dengan tujuan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan (PLM) itu telah dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP).

"Pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK ini juga telah dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal sebelum keberangkatan," kata dia.

"Hingga akhirnya pesawat kembali mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 17.46 WIB, setelah awak pesawat meminta izin melakukan pendaratan darurat," sambungnya.

Perjalanan penerbangan rute Jakarta-Palembang itu akhirnya dilanjutkan dengan menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP yang berangkat pada pukul 19.20 WIB.

Pesawat yang membawa enam orang kru dan 169 penumpang itu diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB.

"Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul atas terhambatnya perjalanan menuju Palembang ini," jelas Danang Mandala Prihantoro. (m28)

 

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved