Ibadah Haji

Menteri Haji Arab Saudi ke Indonesia Bawa Kabar Gembira untuk Calon Jemaah

Usai bertemu dengan Menteri Haji Arab Saudi, Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf bawa kabar gembira untuk calon jemaah haji Indonesia.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Desy Selviany

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Usai bertemu dengan Menteri Haji Arab Saudi, Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf bawa kabar gembira untuk calon jemaah haji Indonesia. 

Kabar gembira untuk calon jemaah haji Indonesia itu disampaikan pria yang karib disapa Gus Yahya pada Rabu (26/10/2022). 

Di akun twitternya, Gus Yahya membagikan foto bersama dengan Menteri Haji Kerajaan Saudi Arabia. 

Kata Gus Yahya, ada enam kelonggaran yang diberikan Arab Saudi bagi jemaah haji Indonesia. 

“Alhamdulillah, pertemuan dengan Menteri Haji Kerajaan Saudi Arabia kemarin membawa berkah beberapa kabar gembira, khususnya bagi umat Islam di Indonesia,” tulisnya di akun twitter. 

Kabar gembira pertama, Arab Saudi menghapuskan syarat mahram bagi jemaah perempuan kini dihapus.

Kedua, masa berlaku visa umrah diperpanjang hingga 90 hari.

Ketiga visa umrah bisa digunakan untuk mengunjungi seluruh wilayah Saudi, tidak hanya ke Jeddah, Makah, dan Madinah.

Keempat, tidak ada persyaratan kesehatan apa pun bagi jemaah umrah, termasuk vaksin Meningitis.

Baca juga: Anggito Abimanyu Gandeng BI untuk Meningkatkan Layanan Haji dan Umrah Lewat Digitalisasi

Kemudian kelima, tidak ada syarat pembatasan umur bagi calon haji Indonesia. Keenam, pemerintah Saudi siapkan platform 'Nusuk' agar jemaah bisa memilih paket yang ada secara mandiri.

Dikutip dari Kemenag.go.id Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas Senin (24/10/2022) menerima kunjungan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah. Pertemuan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta.

Keduanya membahas terkait peningkatan kualitas layanan dan kemudahan dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah bagi jemaah Indonesia.

Selain itu juga, Menteri Haji Arab Saudi membicarakan kemungkinan penambahan kuota, rilis kuota lebih awal dari pemerintah Arab Saudi, dan kemudahan bagi petugas kesehatan Indonesia di Mina. 

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi juga mengundang Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebagai tamu utama dalam gelaran Muktamar Haji yang akan berlangsung di Arab Saudi pada Januari 2023.

Undangan kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ini disampaikan secara khusus oleh Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Rabiah saat berkunjung ke Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved