Aksi Terorisme

Polisi Gunakan Teknologi Face Recognition, Ungkap Identitas Wanita Penerobos Istana Merdeka

Istana Merdeka dihebohkan oleh tamu tak diundang, yang merupakan teroris. Kini, Polda Metro Jaya gunakan teknologi face recognition.

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Valentino Verry
Akun YouTube Kompas TV
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan pihaknya menggunakan teknologi canggih, face recognition untuk mengungkap jati diri perempuan teroris yang hendak menerobos Istana Merdeka, Selasa (25/10/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Identitas wanita yang mencoba menerobos Istana Merdeka, Jakarta Pusat dengan membawa senjata api, belum diketahui.

Oleh sebab itu, Polda Metro Jaya menggunakan teknologi pengenal wajah alias face recognition untuk mengidentifikasi wanita tersebut.

Demikian pernyataan yang disampaikan oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran kepada wartawan.

"Sedang kita pastikan melalui teknologi face recognition melalui sidik jari elektronik dan kita tentunya melakukan wawancara secara langsung," ujarnya, Selasa (25/10/2022).

Fadil mengatakan, pihaknya menggunakan teknologi itu agar mendapat identitas dari wanita tersebut secara tepat.

"Sehingga kita dapat identitas yang bersangkutan secara tepat berdasarkan SOP (standar operasional prosedur)," kata dia.

Baca juga: Densus 88 Ciduk Delapan Teroris di Dumai, Diduga Pernah Terlibat Serang Mapolda Riau pada 2018

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya tengah mendalami motif wanita yang mencoba menerobos Istana Negara, Jakarta Pusat.

"(Motif) sedang didalami," ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, kepada wartawan pada Selasa (25/10/2022).

"Saat ini, sedang ditangani sesuai dengan SOP dan akan terus kita lakukan pendalaman secara maksimal," sambungnya.

Baca juga: 8 Terduga Teroris Kelompok Anshor Daulah Dibekuk Densus 88 di Riau

Ia mengapresiasi anggota Paspampres dan personel Sat Gatur Ditlantas Polda Metro Jaya yang dapat menindak secara cepat, tepat, dan terukur tanpa ada korban.

Kini, Fadil memastikan situasi di sekitar wilayah Istana Negara sudah kondusif.

"Jakarta hingga saat ini, tetap kondusif dan aman. Masyarakat tidak perlu khawatir. Kami akan selalu ada, selalu siaga menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," kata dia.

"Intinya siapapun yang melakukan pelanggaran aturan akan kita tindak sesuai dengan aturan yang berlaku," lanjut Fadil.

Perempuan membawa senjata api menerobos Istana Negara di Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (25/10/2022). Perempuan yang menutup sebagian wajahnya dengan kain hitam tersebut diamankan anggota Polantas dan anggota Paspampres.
Perempuan membawa senjata api menerobos Istana Negara di Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (25/10/2022). Perempuan yang menutup sebagian wajahnya dengan kain hitam tersebut diamankan anggota Polantas dan anggota Paspampres. (istimewa)

Seorang wanita sebelumnya diamankan karena menerobos Istana Negara, Jakarta Pusat, dengan membawa senjata api, Selasa (25/10/2022).

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved