Berita DPRD Kabupaten Bogor

Rudy Susmanto Ketua DPRD Kabupaten Bogor Minta Hunian Tetap Korban Bencana Selesai 2023

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto minta Pemkab Bogor selesaikan hunian tetap korban bencana alam pada tahun 2023.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Dodi Hasanuddin
Wartakotalive.com/Hironimus Rama
Rudy Susmanto Ketua DPRD Kabupaten Bogor Minta Hunian Tetap Korban Bencana Selesai 2023 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Rudy Susmanto Ketua DPRD Kabupaten Bogor minta Pemkab Bogor selesaikan hunian tetap korban bencana pada tahun 2023.

Korban banjir bandang di Kecamatan Sukajaya, Kecamatan Sukamakmur dan Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, tinggal di hunian sementara beberapa tahun terakhir.

Mereka belum menempati hunian yang layak karena terkatung-katungnya proses pembangunan hunian tetap (huntap) di tiga wilayah ini.

Baca juga: Rudy Susmanto Ketua DPRD Kabupaten Bogor Minta Pemkab Bogor Segera Lantik 4 Direktur RSUD

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, mendorong Pemerintah Kabupaten Bogor agar seluruh kebutuhan huntap itu dituntaskan pada 2023.

"Kami meminta agar pembangunan huntap menjadi salah satu program strategis untuk dituntaskan pada 2023," kata Rudy, Senin (24/10/2022).

Dia menjelaskan DPRD Kabupaten Bogor telah menerima usulan dari Pemkab Bogor untuk pembangunan huntap ini.

"Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bogor telah mengusulkan tambahan pembangunan huntap dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2023," jelasnya.

Dia memastikan pembanguna huntap korban bencana alam sudah masuk di RAPBD (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) 2023.

"Huntap bagi korban bencana semua selesai tahun 2023. Kasihan para pengungsi sudah cukup lama tinggal di hunian sementara," tutur Rudy.

Wakil Sekjen Partai Gerindra ini meminta SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait segera menyelesaikan seluruh tahapan land clearing tahun 2022.

"Kalau land clearing selesai tahun ini, maka masuk 2023 langsung bangun. Jadi tidak adalah masalah soal lahan lagi, baik dengan mekanisme bansos relokasi mandiri atau mekanisme lain selama sesuai dengan ketentuan perundang-undangan," jelas Rudy Susmanto.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Rudy Susmanto Ketua DPRD Kabupaten Bogor Minta BPBD Perbanyak Relawan Desa Tangguh

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berencana membangun 1.500 hunian tetap (huntap) bagi para korban bencana alam yang terjadi pada 2020-2022.

Untuk membangun huntap sebanyak itu, Pemkab Bogor mengalokasikan anggaran hingga Rp 120 miliar dalam APBD tahun 2023.

Huntap yang akan dibangun di Kecamatan Sukajaya yakni Desa Cileuksa, Desa Pasirmadang, Desa Cisarua, Desa Sukamulih, Desa Sukajaya, Desa Sipayung, Desa Jayaraharja dan Desa Harkatjaya.

Baca juga: Rudy Susmanto Ketua DPRD Kabupaten Bogor Soroti Pedestrian Sentul-Kandang Roda, Bakal Gelar RDP

Sementara di Kecamatan Nanggung, buntap akan dibangun di Desa Nanggung, Desa Curug Bitung, Desa Cisarua, Desa Malasari dan Desa Pangkal Jaya.

Sementara satu lokasi lain yakni Kecamatan Sukamakmur, Desa Sukawangi.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, usulan anggaran pembangunan huntap tahun telah disampaikan dalam Rancangan APBD 2023, yang kini tengah dibahas DPRD Kabupaten Bogor.

"Kebutuhan anggarannya sekitar Rp120 miliar. Sudah diusulkan. Mudah-mudahan bisa dianggarkan dalam APBD 2023," papar Iwan.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved