Breaking News:

Berita Daerah

Dukung Petani Hasilkan Panen Unggul, Kontes Salak Pondoh Digelar

Kegiatan ini perlu didukung dan dibudidayakan, agar para petani bisa menghasilkan panen salak yang unggul.

Editor: Mohamad Yusuf
Istimewa
'Kontes Salak Pondok dan Senam Massal' diselenggarakan di Kembang Wonserful, Kabupaten Sleman DIY. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -Berbagai cara kreatif terus dilakukan oleh Orang Muda Ganjar (OMG) Yogyakarta dalam memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024.

Salah satunya dengan kegiatan 'Kontes Salak Pondok dan Senam Massal' yang diselenggarakan di Kembang Wonserful, Kabupaten Sleman DIY pada Sabtu, (15/10/2022) lalu.

Sejak pagi hari, ratusan warga sudah menunggu kegiatan tersebut. Warga antusias sebagaj wujud dukungan terhadap Ganjar Pranowo untuk mencalonkan diri sebagai Presiden RI 2024.

Baca juga: Komisi II DPRD Kota Bogor Dorong APBD 2023 Berpihak kepada Koperasi dan UMKM

Baca juga: Hadapi 2023, Sandiaga Harap UMKM Bisa Gabung Gerakan Bangga Buatan Indonesia

"Kontes salak pondoh ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pelaku tani salak karena Turi sebagai salah satu penyumbang komoditas buah salak unggul di Sleman ini," ungkap Muhammad Yusuf Radhika, Koordinator Wilayah OMG Yogyakarta dalam siaran tertulisnya, Jumat (21/10/2022).

Sebagai wilayah dengan mayoritas penduduk sebagai petani salak, kegiatan ini perlu didukung dan dibudidayakan, agar para petani bisa menghasilkan panen salak yang unggul.

Pada gilirannya, masyarakat bisa memanfaatkan variasi produk pengembangan salak pondoh, sehingga mampu memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Dengan demikian, potensi munculnya pelaku industri UMKM baru di daerah setempat kian besar.

"Bahkan salak yang dihasilkan telah teruji secara kualitas dan kuantitas karena berhasil menembus pasar ekspor. Semoga ini dapat dipertahankan dan semakin dikembangkan dalam produk turunannya. Agar produk salak di Sleman khususnya memiliki kualitas produk dan nilai ekonomis yang kompetitif," tambah Yusuf.

Selain itu, Yusuf tidak lupa memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo kepada masyarakat setempat. Ganjar memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Sleman.

"Pak Ganjar memang bukan sosok yang asing di telinga masyarakat Sleman. Selain lokasinya yang dekat dengan Jawa Tengah dan sebagai lulusan UGM, beliau kerap berkunjung ke DIY untuk melakukan kunjungan dinas maupun berkolaborasi pada sektor pariwisata dan UMKM. Untuk itu, kegiatan ini juga sebetulnya untuk memperkuat posisi kemenangan Pak Ganjar di sini," ujarnya.

Yusuf mengajak seluruh warga untuk terus perpartisipasi aktif dalam proses konsolidasi tersebut. Sebab, dukungan langsung masyarakat dari 'mulut ke mulut' akan memberikan dampak besar dalam memenangkan beliau pada Pilpres 2024 mendatang.

"Ayo kita sama-sama dukung Pak Ganjar, sebarkan program-program dan pencapaian Pak Ganjar kepada masyarakat lainnya untuk Presiden Indonesia 2024 mendatang. Pak Ganjar merupakan pemimpin yang ditunggu oleh bangsa ini," ajaknya.

Bawa UMKM Jateng Naik Kelas

Sementara itu Jumlah UMKM di Jawa Tengah naik drastis, karena pembinaan dan pelatihan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jawa Tengah menunjukkan hasil gemilang. Jumlah UMKM naik signifikan dan siap menyerap banyak tenaga kerja.

Baca juga: Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di Peringatan 100 tahun Eka Tjipta Widjaja

Baca juga: Jatim Fair 2022 Resmi Dibuka, Gubernur Khofifah: Ajang Pelaku UMKM Jatim Masuk Pasar Ekspor

Berdasarkan data Dinkop UMKM, dalam setahun hampir 4.000 pelaku usaha di Jateng mengikuti pelatihan dan menikmati fasilitas pemasaran online yang disediakan oleh Pemprov Jateng. Tidak kurang dari 100 UMKM berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Disamping pelatihan dan pendampingan, Ganjar Pranowo telah banyak membantu perkembangan UMKM. Di antaranya Lapak Ganjar, Hetero Space maupun Inovasi Kredit Kerakyatan.

Pada tahun 2013, tercatat ada 90.339 UMKM binaan Pemprov Jateng. Jumlahnya terus berkembang mencapai 177.256 pada tahun 2022. Ini menjadi tren positif bagi pelaku industri UMKM di masa depan.

"Ini menjadi titik terang perekonomian Indonesia masa depan. Semoga program pro UMKM bisa disebarluaskan ke seluruh Indonesia," tutup Yusuf

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved