Ada Program REHAB, Peserta JKN-KIS Segmen PBPU Bisa Cicil Tunggakan Iuran JKN-KIS

BPJS Kesehatan hadirkan program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) untuk kemudahan peserta JKN-KIS mencicil tunggakan iuran JKN-KIS.

dok. BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa
BPJS Kesehatan menghadirkan program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) sebagai solusi dan cara mudah bayar tunggakan iuran JKN-KIS. 

WARTAKOTALIVE.COM, TIGARAKSA – BPJS Kesehatan tidak hentinya menghadirkan berbagai inovasi untuk memudahkan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

BPJS Kesehatan menghadirkan program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS yang iurannya menunggak, khususnya segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa Sudiyanti mengatakan, ada beberapa latar belakang yang memengaruhi diluncurkan program REHAB.

Pertama, rendahnya Ability to Pay atau kemampuan untuk membayar peserta PBPU, khususnya pada masa pandemi Covid-19.

Kedua, rendahnya tingkat keaktifan peserta PBPU yang disebabkan karena tingginya peserta yang menunggak membayar iuran.

“Ketiga, tingginya peserta PBPU yang menunggak di atas 3 bulan,” ungkap Sudiyanti, beberapa waktu lalu.

Sudiyanti memaparkan, jumlah peserta yang terdaftar pada Program REHAB di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa sebanyak 1.367 dengan jumlah tagihan dari keseluruhan peserta tersebut Rp 1.719.530.810,00.

Kemudian, jumlah yang sudah dibayar sebesar Rp 476.056.810 sehingga sisa tagihannya sebesar Rp 1.243.474.00.

“Diharapkan dengan adanya Program REHAB ini peserta mendapatkan keringanan dalam hal membayar tunggakan iuran JKN-KIS melalui mekanisme cicilan,” ujarnya.

Untuk mengikuti Program REHAB ini, peserta PBPU harus memenuhi syarat dan ketentuan.

Peserta PBPU yang memiliki tunggakan dengan usia tunggakan 4 sampai dengan 24 bulan dapat mengikuti Program REHAB.

Bagi Peserta PBPU yang ingin mengikuti program dapat melakukan pendaftaran melalui Aplikasi Mobile JKN atau BPJS Kesehatan Care Center.

Pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan tanggal 28 bulan berjalan. Adapun maksimal periode pembayaran bertahap adalah 12 tahapan.

Salah seorang peserta JKN-KIS di Kabupaten Tangerang yang namanya tidak ingin disebutkan menyampaikan ia sangat terbantu sekali dengan kehadiran Program REHAB.

Sejak pandemi Covid-19, kondisi finansialnya tidak begitu bagus sehingga ia tidak bisa membayar iuran JKN-KIS selama 12 bulan untuk dirinya sendiri dan tiga anggota keluarga lainnya.

Dengan adanya program cicilan ini, ia bisa membayar tunggakan iurannya secara bertahap.

“Ketika saya mengetahui adanya Program REHAB ini tentunya saya tidak akan melewatkan kesempatan ini. Program ini sungguh meringankan beban saya, apalagi memiliki jaminan kesehatan sangat penting,” pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved