Banjir Jakarta

Seorang Bayi di Bidara Cina Diselamatkan Petugas dari Kepungan Banjir Setinggi 1,5 meter

Seorang petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur menyelamatkan bayi yang terjebak banjir setinggi 1,5 meter di sekitar kawasan Bidara Cina, Jatinegara.

Penulis: Rendy Rutama | Editor: Junianto Hamonangan
Istimewa
Seorang petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur menyelamatkan bayi yang terjebak banjir setinggi 1,5 meter di daerah Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (10/10/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JATINEGARA - Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur menyelamatkan seorang bayi yang terjebak banjir di daerah Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (10/10/2022).

Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman menjelaskan anggotanya tersebut nampak melintasi ketinggian banjir hingga 1,5 meter untuk melakukan evakuasi bayi tersebut.

Hal itu dilakukan setelah orangtua sang bayi menelepon petugas untuk menjemput bayinya karena ketinggian air yang tidak kunjung surut tersebut. 

Baca juga: Dokter Boyke Sebut Perselingkuhan Kesalahan Bersama dari Pasangan, Apa Faktornya?

"Kalau di Bidara Cina itu permintaan dari warga, mungkin karena airnya surutnya cukup lama sehingga tadinya bertahan di dalam rumah semakin lama semakin dingin," kata Gatot, Senin (10/10/2022).

Selama proses evakuasi, anggotanya tersebut tidak menggunakan perahu karet, melainkan hanya menggendong sang bayi untuk kemudian diungsikan ke posko yang telah disediakan petugas di lokasi banjir.

"Namun tidak menggunakan perahu karet karena tidak terlalu jauh, lalu kita evakuasi arahkan ke lokasi yang lebih aman dengan digendong oleh personil," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Ketua RT 12 RW 11 Bidara Cina, Saiful Bahri (39) menjelaskan, ketinggian air di tempatnya sempat mencapai 220 centimeter, namun ketinggian air itu perlahan surut ketika menjelang pagi. 

Baca juga: Jokowi Ungkap Alasan Pilih Heru Budi Hartono Gantikan Anies Baswedan di DKI Jakarta

"Tadi sekitar jam 03.00 WIB sudah mulai naik airnya. Ketinggian 220 centimeter. Sekarang sudah lumayan turun pelan-pelan, 50-60 centimeter," ujar Saiful.

Saiful menambahkan, untuk antisipasi banjir susulan, pihaknya telah mempersiapkan berupa dua perahu yang akan digunakan untuk evakuasi warga. 

"Kami memang sudah punya dua perahu, itu yang disiagakan. Jadi sudah dipersiapkan semuanya oleh tim serta warga, siapa yang dievakuasi, siapa yang mengevakuasi," imbuh Saiful. 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved