Anies Baswedan

Anies Baswedan Banggakan Ruang Limpah Sungai untuk Reduksi Banjir Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan tiga Ruang Limpah Sungai (RLS) yang diklaim dapat mereduksi banjir Jakarta

Akun Instagram @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda di Ruang Limpah Sungai. Ada 3 Ruang Limpah Sungai yang diresmikannya dan diklaim dapat mereduksi banjir yang terjadi di Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Di tengah banjir yang melanda sejumlah titik di Jakarta beberapa hari belakangan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan tiga Ruang Limpah Sungai (RLS).

Ruang Limpah Sungai (RLS) menurut Anies Baswedan dapat mereduksi banjir Jakarta ke depannya.

Hal itu dikatakan Anies Baswedan lewat foto yang diunggah di akun Instagramnya, Senin (10/10/2022). Dalam caption foto Anies menjelaskan bahwa Ruang Limpah Sungai akan mengurangi genangan dan banjir Jakarta akibat luapan sungai atau kali.

"Alhamdulillah, kita bersyukur dan bangga, sebuah ikhtiar panjang itu tuntas. Meresmikan tiga Ruang Limpah Sungai, (RLS), yakni RLS Lebak Bulus, RLS Brigif, dan RLS Pondok Ranggon. RLS adalah nature based solution atau solusi berbasis alam," kata Anies di caption akun Instagramnya.

"Kita semua merasakan betul betapa proses pembangunan selama beberapa abad ini banyak mengadopsi pendekatan yang ternyata mengakibatkan kerusakan lingkungan dan kita rasakan dampaknya sekarang," ujar dia.

Kini kata Anies Jakarta mempunyai pendekatan baru, dengan menyediakan ruang parkir air sementara, saat air sungai berlimpah guna mengurangi beban di kawasan hilir sungai.

Baca juga: Permukiman Terendam Banjir Hampir 2 meter, 267 Warga Kebon Pala Mengungsi

"RLS Pondok Ranggon memiliki volume tampungan RLS: ±890.000 m3, dapat mereduksi debit banjir dari Kali Sunter. Mengurangi dampak genangan terutama di wilayah Kelurahan Pondok Bambu, Kelurahan Cipinang Muara, Kelurahan Cipinang Melayu, Kelurahan Lubang Buaya dan Kelurahan Setu," katanya.

Sementara RLS Lebak Bulus memiliki volume tampungan RLS: ±44.000 m3, dapat mereduksi debit banjir Kali Grogol. Mengurangi dampak genangan di daerah hilir Kali Grogol, seperti Palmerah dan Kebayoran.

"RLS Brigif memiliki volume tampungan RLS: ±256.000 m3, dapat mereduksi debit banjir Kali Krukut. Mengurangi dampak genangan di daerah hilir Kali Krukut seperti Petogongan, Kemang, Cilandak, dan Ciganjur," ujar Anies.

Baca juga: Berada di Dekat Kali Ciliwung, Permukiman Warga Kebon Pala Terendam Banjir Hampir 2 Meter

RLS menurut Anies selain berfungsi dalam pengendalian banjir juga memiliki fungsi sebagai Ruang Terbuka Biru (RTB) yang harapannya akan mengembalikan ekosistem sempadan sungai seperti sedia kala.

"Sekaligus menjadi ruang ketiga, yakni tempat interaksi dan berkegiatan antarwarga. Kita juga berharap akan muncul kembali hewan air, tanaman rindang, dan burung yang berdatangan dan menjadi ekosistem yang sehat," kata Anies Baswedan.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved