Santri dan Ulama Musi Rawas Harap Presiden 2024 Fokus Dorong Moderasi Beragama

Moderasi beragama diperlukan guna menjaga keharmonisan antara hak beragama dan kewajiban berbangsa dan bernegara.

Editor: Ahmad Sabran
HO
500 santri dan ulama Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar 'Gema Selawat dan Doa Bersama untuk Negeri' di Pondok Pesantren Hidayatul Thullab, Desa Leban Jaya, Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Ratusan santri dan ulama Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar 'Gema Selawat dan Doa Bersama untuk Negeri' di Pondok Pesantren Hidayatul Thullab, Desa Leban Jaya, Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas dengan intensi mencari figur pemimpin tingkat nasional, Kamis (6/10/2022).

Mereka berharap presiden RI 2024 bisa fokus mendorong moderasi beragama.

"Setelah berdiskusi dan berembuk, para santri dan ulama di Musi Rawas akhirnya sepakat memilih Pak Ganjar. Kami melihat bahwasanya Pak Ganjar adalah sosok figur yang sangat cocok untuk menjadi Presiden 2024-2029 karena beliau selalu konsisten mendorong moderasi beragama," ucap Koordinator Wilayah SDG Sumsel, Paisal Tanjung.

Baca juga: VIDEO: Viral Diduga Oknum TNI Hajar Satpam Gudang Ekspedisi


Moderasi beragama diperlukan guna menjaga keharmonisan antara hak beragama dan kewajiban berbangsa dan bernegara.

Sejumlah aksi maupun program Ganjar dalam mewujudkan moderasi beragama antara lain menangkal radikalisme beragama dan membasmi terorisme.

Di bidang pendidikan, Ganjar menerapkan sistem kurikulum anti radikalisme dan intoleransi di berbagai jenjang pendidikan, dan mendorong munculnya Pondok Pesantren Pelopor Antiradikalisme.

Baca juga: Duo Persija Jakarta Michael Krmencik dan Ondrej Kudela Berterima Kasih Bisa Foto Bersama Jakmania

"Pak Ganjar Pranowo adalah pemimpin yang nasionalis dan terbukti merangkul para ulama, habib, santri-santri, untuk mencegah paham radikalisme dan terorisme diterapkan di Indonesia," kata Paisal.

Figur berambut putih itu juga memperjuangkan terbitnya Peraturan Daerah (Perda) tentang Pesantren yang bertujuan agar pesantren mampu sejajar dengan pendidikan formal.

Cara pendekatan program moderasi beragama itulah yang ingin dinasionalkan kalangan pesantren.

 
"Banyak langkah konkret Pak Ganjar, yang menunjukkan keyakinan semua komponen bangsa dapat mewujudkan persatuan dan kesatuan melalui moderasi beragama. Kami bertekad akan mendekatkan figur Pak Ganjar kepada masyarakat melalui kanvasing dan door to door karena kami ingin program-program tersebut bisa dinasionalkan," tutur Paisal.

 

Artikel ini telah tayang di TribunSumsel.com dengan judul Konsisten Tekankan Moderasi Beragama,Santri Ulama Musi Rawas Dukung Ganjar Pranowo

Sumber: Tribun Sumsel
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved