UMKM

Sandiaga Uno: Ekspor UMKM Kreatif Tembus USD 25 Miliar

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan nilai ekspor UMKM kreatif per Kamis (6/10/20220) telah menembus hampir USD 25 miliar

Dokumentasi IDE Group
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno disela kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia di Ambon City Center, Kota Ambon, Minggu (11/9/2022). Sandiaga Uno menyampaikan nilai ekspor UMKM kreatif per Kamis (6/10/20220) telah menembus hampir USD 25 miliar 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno baru saja meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor Bali. Kampus ini berlokasi di Sanur, Denpasar Selatan.

Dalam sambutannya Sandiaga Uno menyampaikan untuk nilai ekspor UMKM kreatif per Kamis (6/10/20220 telah menembus hampir USD 25 miliar. Angka tersebut merupakan capaian yang istimewa di tengah ancaman krisis global di berbagai negara.

"Per hari ini, ekspor UMKM ekonomi kreatif kita, produk-produk ekonomi kreativitas telah menembus hampir USD 25 miliar," kata Sandi.

Menurut Sandiaga Uno, angka tersebut merupakan bagian dari kebangkitan UMKM yang lebih kuat dan pulih lebih cepat paska pandemi Covid-19 yang menhantam perekonomian di seluruh dunia, khususnya Indonesia. 

"Karena UMKM sudah tercatat 64 juta lebih, kontribusi terhadap ekonomi 62 persen dan menyerap 97 persen lapangan kerja dan investasi juga di atas 60 persen," katanya.

Kemudian, untuk menyatukan dan memperkuat UMKM ke depan ialah dengan menggabungkannya lewat digital. Sebab saat ini, nilai ekonomi digital Indonesia tertinggi di ASEAN.

Baca juga: Fokus Dialog G20-B20 Bahas Kolaborasi Penguatan UMKM untuk Penggerak Ekonomi

Baca juga: UMKM dari Berbagai Kota Gelar Dagangan dalam Event Pasar Tumpah di Cideng

"Ekonomi digital Indonesia sekarang tertinggi di ASEAN. Sekarang, kenaikan nilai ekonomi digital 2021 mencapai 49 persen dan yang paling meningkat adalah e-commerce terutama yang warna orange (shopee)," jelasnya.

Menurutnya, transaksi e-commerce naik tinggi dan targetnya di tahun 2021 terlewati Rp401 triliun dan kenaikan tahun 2022 diprediksi Rp522 triliun.

"Ini luar biasa dan Indonesia merupakan very hot destination for investment, di digital ekonomi dengan nilai investasi sudah mencapai Rp300 triliun. Dan, kalau kita lihat digital ekonomi kita akan menjadi USD 150 miliar, dua kali lipat dari satu tahun yang lalu, (pada) tahun 2025," jelasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved