Polisi Tembak Polisi

Pakar Hukum Yakin Ferdy Sambo Akan Dipojokkan Seluruh Anak Buah Saat Persidangan

Diyakini dalam persidangan nanti, tersangka utama pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo akan dipojokan oleh seluruh anak buahnya. 

Penulis: Desy Selviany | Editor: Desy Selviany

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Diyakini dalam persidangan nanti, tersangka utama pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo akan dipojokan oleh seluruh anak buahnya. 

Hal itu diyakini oleh Pakar Hukum Universitas Jenderal Soedirman Hibnu Nugroho pada Kamis (6/10/2022). 

Hibnu Nugroho melihat bahwa kasus pembunuhan berencana yang diotaki oleh Ferdy Sambo penuh dengan tekanan. 

Hal itu lantaran yang terlibat di bawahnya terikat dengan hubungan hirarki antara pimpinan dan anak buah. 

Sehingga Hibnu meyakini, baik Bripka Ricky Rizal dan Bharada E akan bersaksi terkait ketidakmampuannya dalam melawan perintah Ferdy Sambo sebagai pimpinan tertinggi. 

“Prediksi saya, saling hindar dari dakwaan dan tuduhan karena bagaimanapun juga masing-masing ingin lepas dari jeratan hukum jaksa,” ucap Hibnu dikutip dari Kompas Tv. 

Baca juga: Ferdy Sambo Minta Maaf kepada Ayah dan Ibu Brigadir Yosua, Kamaruddin Simanjuntak: Sudah Terlambat

Kata Hibnu, para anak buah Ferdy Sambo itu akan memunculkan ketidakberdayaan menolak, ketidakberdayaan untuk tidak menuruti dan tidak berdaya menolak untuk melaksanakan sesuatu jadi modal kedua anak buah Ferdy Sambo untuk menjadi justice collaborator. 

Menurut Hibnu, hal itu juga akan menjadi pertimbangan jaksa dan hakim sebab hubungan Ferdy Sambo dan tersangka lainnya ialah hirarkis bukan linear. 

“Dan model itu akan diikuti para tersangka lain, dan itu kalau bisa saya kira sangat nilai positif karena hubungan hirarkis bukan linear,” bebernya.

Modal tersebut kata Hibnu bisa menjadi modal para anak buah Ferdy Sambo untuk mendapatkan pemaafan lepas dari jerat hukuman atau pengurangan hukuman. 

Maka Hibnu meyakini, dalam persidangan nanti, ramai-ramai para anak buah Ferdy Sambo akan memojokan mantan Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi tersebut. 

Diketahui sebelumnya seluruh tersangka pembunuhan Brigadir J diserahkan ke Kejaksaan RI pada Rabu (5/10/2022). 

Mereka yakni Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Ma’ruf, Ricky Rizal dan Richard Eliezer. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved