HUT TNI

Presiden Joko Widodo Pimpin Upacara HUT ke 77 TNI di Istana Merdeka, Ada Parade Alutsista

Peringatan HUT ke-77 TNI atau Tentara Nasional Indonesia akan digelar di halaman Istana Merdeka, Rabu (5/10/2022) pagi ini. 

KOMPAS.com/RETNO AYUNINGRUM
Sebanyak 63 alutsista dipamerkan di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta dalam rangka menyambut HUT ke-77 TNI, Selasa (4/10/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA  - Peringatan HUT ke-77 TNI atau Tentara Nasional Indonesia akan digelar di halaman Istana Merdeka, Rabu (5/10/2022) pagi ini. 

Presiden Joko Widodo akan menjadi inspektur upacara pada Upacara akan digelar sekitar pukul 07.30 WIB.

Dalam keterangannya pada 30 September lalu, Kepala Staf Umum (Kasum) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Letjen Eko Margiyono mengatakan, peringatan HUT ke-77 TNI akan digelar dengan sejumlah acara.

"Rangkaian kegiatannya adalah upacara sperti biasa, di mana inspektur upacaranya direncanakan Bapak Presiden RI," kata Eko.

Eko melanjutkan, seusai upacara Presiden Joko Widodo akan menyaksikan demo sejumlah atraksi pesawat tempur TNI Angkatan Udara (AU).

Baca juga: HUT ke-77 TNI , Ada Pengalihan Arus Lalu Lintas di Sekitar Istana Merdeka Sampai 11.00 WIB

Nantinya akan ada flypass pesawat tempur F16 yang melintasi Istana.

Kemudian, ada pula aksi helikopter yang membawa giant flag dan dilanjutkan atraksi akrobatik dari Jupiter.

Jupiter merupakan pasukan akrobatik TNI AU.

Setelah rangkaian atraksi di udara tersebut, lanjut Eko, Presiden Jokowi akan melakukan video conference untuk menyapa para prajurit TNI yang bertugas di perbatasan.

"Presiden akan melakukan video conference dengan prajurit yang bertugas di empat tempat. Yang pertama di perbatasan RI Kalimantan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, kemudian di Pam (pengamanan) terluar di Sangihe-Talaud," jelas Eko.

"Kemudian, yang ketiga di perbatasan RI-Papua Nugini di sektor selatan. Khususnya di Merauke. Yakni di PLBN Sota. Dan yang terakhir di luar perbatasan antara RI dengan Timor Leste yang ada di PLBN Mota Ain," lanjutnya.

Baca juga: Jelang HUT ke-77 TNI, 5 Oktober Anda Bisa Download Logo dan Banner di Sini

Setelah selesai melakukan video conference, Presiden Jokowi akan keluar menuju ke depan Istana, yakni ke tepi Jalan Merdeka Utara.

Di sana presiden akan melihat beberapa kendaraan tempur (ranpur) yang terbaru yang dimiliki kesatuan TNI yang akan ditampilkan secara statis.

"Setelah beliau melihat display dari alutsista (alat utama sistem senjata) tersebut, kemudian Presiden menuju ke panggung. Beliau akan menerima defile pasukan dan alutsista. Di mana nanti di pasukan ada drum band, kemudian setelah itu pasukan yang ikut upacara dan defile ranpur. Sebanyak 63 ranpur," papar Eko.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved