JXB Fasilitasi Para Pelaku UMKM dengan KKOTA Street Kiosk di Taman Budaya Dukuh Atas

JXB fasilitasi pelaku UMKM cinderamata hingga kuliner di Jakarta melalui Karya Kreasi Orang Jakarta (KKOTA) Street Kiosk di Taman Budaya Dukuh Atas.

Istimewa
Direktur Utama PT Jaktour (JXB) Novita Dewi dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat groundbreaking KKOTA Street Kiosk di Taman Budaya Dukuh Atas, Jalan Jenderal Sudirman, Menteng, Jakarta Pusat 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PT Jakarta Tourisindo atau Jakarta Experience Board (JXB) memfasilitasi para usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berkaitan dengan pariwisata di Ibu Kota.

Produk seperti cinderamata, makanan ataupun produk lainnya yang khas dengan Jakarta akan dipasarkan JXB melalui Karya Kreasi Orang Jakarta (KKOTA) Street Kiosk di Taman Budaya Duku Atas, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Direktur Utama PT Jaktour Novita Dewi mengatakan, KKOTA Street Kiosk merupakan pusat produk kreatif oleh-oleh khas Jakarta dan menjadi media yang menghubungkan unsur pariwisata, UMKM dan ruang publik.

Sesuai namanya, KKOTA Street Kiosk dimaknai sebagai ruang pemasaran bagi karya-karya khas Jakarta yang lokasinya berdekatan dengan kawasan pejalan kaki.

“Fungsinya sebagai pusat produk kreatif, KKOTA Street Kiosk berupaya mendekatkan produk kreatif UMKM ke tengah masyarakat. Melalui KKOTA Street Kiosk, kami menyediakan media bagi para UMKM untuk mempersembahkan produk terbaiknya,” kata Novita Dewi saat groundbreaking KKOTA Street Kiosk, pada Rabu (5/10/2022).

Menurut dia, produk yang ditawarkan akan mengingatkan pelanggan pada kekhasan Jakarta, sehingga membawa cerita Jakarta sampai ke rumah atau kampung halaman para pembeli.

Selain sebagai pusat produk kreatif Jakarta, KKOTA Street Kiosk memiliki fasilitas ruang yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang interaksi komunitas.

“KKOTA juga menyediakan ruang terbuka yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, karena kami percaya, bahwa ruang ketiga memiliki peranan penting untuk membangun interaksi, menyusun ide dan inspirasi hingga tercipta kreasi yang memperkaya cerita Jakarta,” ungkap Novita.

Baca juga: Terdakwa Investasi Bodong Binomo Indra Kenz Dituntut 15 Tahun Penjara dan Denda Rp 10 miliar

Dia mengatakan, pembangunan KKOTA Street Kiosk di Dukuh Atas merupakan proyek pertama dan menelan biaya sekitar Rp 1 miliar. Nantinya JXB akan membangun tempat serupa di Jalan Prof. Dr Satrio, Jakarta Selatan.

“Kami akan membangun KKOTA Street Kiosk tentunya di kawasan yang memiliki trotoar cukup lebar, sekaligus penuntasan kegiatan strategis daerah (KSD) kami dari Pemprov DKI Jakarta,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, KKOTA Street Kiosk juga akan menyediakan informasi wisata Jakarta untuk mendukung pengembangan pariwisata serta mempermudah wisatawan dalam menjelajah kota. Pembangunan KKOTA Street Kiosk akan berlangsung hingga akhir tahun 2022 ini.

Dia menambahkan, proses pembangunan akan memperhatikan aset yang sudah ada, sehingga penyesuaian yang dilakukan tidak akan merusak keindahan taman.

Baca juga: Telusuri Titik Penting Tragedi Kanjuruhan, Komnas HAM: Tembakan Gas Air Mata Pemicu Kepanikan

Masyarakat dapat melihat rancangan desain KKOTA Street Kiosk melalui visualisasi menggunakan teknologi augmented reality. 

“Setelah proses groundbreaking, terdapat instalasi yang memuat QRCode dan dapat dipindai untuk melihat desain KKOTA yang sedang dibangun. Kami juga mengundang para pelaku usaha kreatif untuk memasarkan produknya melalui KKOTA Street Kiosk,” jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved