Rusuh Arema Persebaya

Jokowi Ungkap FIFA Mau Terlibat Benahi Sepak Bola Indonesia, Sanksi Banned Batal?

FIFA disebut akan terlibat dalam perbaikan sepak bola di Indonesia usai tragedi Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 131.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Desy Selviany
Sekretariat Presiden
Pada HUT TNI ke-77 Presiden Jokowi mengaku sudah siap dengan ancaman geopolitik global 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - FIFA disebut akan terlibat dalam perbaikan sepak bola di Indonesia usai tragedi Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang dalam pertandingan Arema FC Vs Persebaya Surabaya

Keterlibatan FIFA dalam perbaikan menyeluruh sepak bola Indonesia diungkapkan Presiden Jokowi usai meninjau Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu (5/10/2022) sore. 

Dalam keterangannya, Jokowi mengatakan bahwa ia sudah menghubungi Presiden FIFA Gianni Infantino lewat telepon pada Senin (3/10/2022) malam. 

Salah satu pembicaraan telepon tersebut terkait kesiapan FIFA untuk terlibat langsung dalam memperbaiki manajamen sepak bola di Indonesia. 

“Pada saat saya bicara Senin telepon Presiden FIFA, beliau sampaikan FIFA siap bantu memperbaiki manajemen yang ada,” ucapnya dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden. 

Kata Jokowi, nanti FIFA akan terlibat langsung dalam evaluasi total sepak bola Indonesia. Evaluasi total itu mulai dari manajemen pertandingan, manajemen stadion, manajemen penonton, manajemen waktu, hingga manajemen pengamanan. 

Baca juga: Usai Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Coba Bujuk FIFA Terkait Nasib U20 di Piala Dunia

Evaluasi menyeluruh pada sepak bola Indonesia ini kata Jokowi agar peristiwa Kanjuruhan tidak kembali terulang. 

“Saya rasa kita harus evaluasi total semuanya, baik manajemen pertandingan, manajemen stadion, manajemen penonton, manajemen waktu, manajemen pengamanan, semua harus evaluasi total agar situasi di kanjuruhan ini tidak terjadi lagi,” bebernya. 

Sebelumnya Jokowi sendiri mengungkapkan akan menyerahkan sepenuhnya ke FIFA terkait sanksi yang didapat Indonesia usai tragedi Kanjuruhan

Diketahui sanksi FIFA membayang-bayangi Indonesia usai pertandingan Arema FC Vs Persebaya Surabaya menelan 131 korban jiwa. 

Sanksi dibanned selama 8 tahun oleh FIFA pun menghantui Indonesia. Jokowi sendiri belum menjelaskan rinci apakah FIFA membahas terkait kemungkinan sanksi yang diterima Indonesia. 

Namun, dari keterangan FIFA yang akan terlibat dalam perbaiki sepak bola Indonesia membawa udara segar bagi Indonesia yang menanti sanksi FIFA

Hal itu artinya, potensi sanksi banned hingga 8 tahun mungkin tidak akan diterapkan FIFA mengingat keterlibatan organisasi sepak bola dunia itu yang akan memperbaiki manajemen sepak bola Indonesia. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved