Virus Corona

Akankah Pandemi Benar-benar Akan Berakhir? Ini Penjelasan Ketua Tim Penanganan Covid-19

Secara analisa, diungkapkan oleh Anthony, penurunan kasus Covid-19 saat ini karena kondisi virus yang bermutasi terus melemah.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Feryanto Hadi
Istimewa
Ilustrasi - Virus Corona (COVID-19). Presiden Jokowi menyebut bahwa pandemi bisa segera berakhir 

WARTAKOTALIVE.COM,BEKASI SELATAN-- Presiden Jokowi sempat memberikan pernyataan terkait adanya kemungkinan pandemi Covid-19 yang sudah berjalan dua tahun akan berakhir menjadi endemi.

Hal ini melihat kasus Covid-19 mulai melandai.

Menyikapi hal itu, Ketua Tim Dokter Penanganan Covid-19 Kota Bekasi dr.Anthony D Tulak mengatakan jika melihat beberapa kasus Covid-19 yang terjadi beberapa minggu terakhir ini, memang mulai menunjukan tren penurunan.

Ia membenarkan kemungkinan pandemi bisa berakhir.

Secara analisa, diungkapkan oleh Anthony, penurunan kasus Covid-19 saat ini karena kondisi virus yang bermutasi terus melemah.

Sehingga meskipun virus itu masih ada, namun dampak yang ditimbulkan juga cenderung lebih ringan.

"Kalau sekarang kita lihat, gejala yang kena kena covid-19 itu ringan, paling batuk pilek sama seperti itu, di test PCR juga umumnya negatif, jadi mutasi virus makin lama makin rendah atau kecil," kata dr Anthony, Rabu (5/10/2022).

Selain virus Covid-19 yang mulai lemah, hal lain yang juga mempengaruhi yakni terkait vaksinasi yang sudah dijalani masyarakat, terlebih mereka yang sudah melakukan vaksin booster atau dosis ketiga.

Sehingga imunitas dalam tubuh mulai terbentuk.

Baca juga: VIDEO: Pandemi Melandai, Sembilan Flyover dan Underpass di Jawa Tengah Diselesaikan

"Dan hal lain juga karena imunnya baru kebentuk. Kedua memang virusnya semakin bermutasi kan semakin lemah, mutasinya ke arah yang lemah, bukan mutasi ke arah yang lebih kuat," katanya.

Menyikapi kemungkinan pandemi berakhir seperti yang disampaikan okeh Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, Dr Anthony menyampaikan jika hal itu bisa saja terjadi, karena memang kecenderungan virus mulai melemah.

"Kalau covid sendiri sih kecenderungannya sudah semakin lemah, jadi gak usah ditakutkan lagi itu," ujarnya.

Namun, dirinya berpesan, meskipun virus Covid-19 melemah dan antibodi mulai terbentuk, dirinya tetap meminta kepada masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan, terutama dalam hal pemakaian masker dimanapun.

"Pesan saya kepada masyarakat tetap waspada, walau kita sudah mau menuju endemi dan tetap memperhatikan prokes, Karena kalo tidak mengenai ekonomi akan rusak begitu juga dengan yang lainnya," ucapnya. 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved