Program Kredit Lapak Dinilai Mampu Mendorong Peran dan Mensejahterakan Kaum Perempuan di Bidang UMKM

Program kredit lapak sebagai program yang mendorong peran strategis perempuan sebagai pelaku sekaligus penggerak ekonomi kreatif dan inovatif.

Editor: Panji Baskhara
Istimewa
Foto: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku pengusung program kredit lapak di bidang UMKM yang dikhususkan untuk kaum perempuan. 

WARTAKOTALIVE.COM - Ratusan emak-emak menggelar acara Dzikir Akbar dan Doa Bersama untuk Negeri, pada Senin (3/10/2022).

Acara yang digelar ratusan emak-emak tersebut, berlangsung di Desa Tompong Patu, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Para emak-emak yang meramaikan acara Dzikir Akbar dan Doa Bersama untuk Negeri ini merupakan emak-emak yang tergabung di dalam Relawan Mak Ganjar Sulawesi Selatan.

Emak-emak tersebut berkumpul dan menyerukan aspirasi dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah dengan seruan 'Ganjar Pranowo Presiden 2024'.

Baca juga: Sampaikan Duka Cita, Ganjar Pranowo Sebut Jumlah Korban Kericuhan di Stadion Kanjuruhan Tidak Sedkit

Baca juga: Kunjungi Batang Resmikan Pabrik Pipa, Jokowi Ajak Ganjar Pranowo Semobil

Baca juga: Deklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Capres, Grace Natalie Sebut PSI Mewakili Keinginan Rakyat

Para emak-emak ini menilai, sosok Ganjar Pranowo sebagai pemimpin yang aktif dorong peran strategis perempuan sebagai pelaku sekaligus penggerak ekonomi kreatif dan inovatif.

Dari sinilah, mereka menganggap Ganjar Pranowo pantas untuk melanjutkan kepemimpinan nasional pada tahun 2024 mendatang.

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Sulawesi Selatan, Siti Fatimah mengatakan, figur pria berambut putih itu berpengalaman dalam menduduki kursi pemerintahan legislatif maupun eksekutif daerah.

Selain itu, gaya kepemimpinan Ganjar Pranowo terbilang adil, berkharisma, kreatif, bersih dari korupsi, sarat dengan inovasi, serta mencintai rakyatnya menjadi daya tarik tersendiri.

Ifat, sapaannya menyebut, bukti nyata Ganjar Pranowo terhadap kesejahteraan emak-emak diantaranya melalui program Kredit Lapak khusus emak-emak dan Lapak Ganjar.

"Beliau peduli terhadap kami, khususnya emak-emak. Beliau lebih konsen mensejahterakan emak-emak terutama di bidang UMKM" ucap Ifat dalam keterangan tertulisnya.

Kredit Lapak diluncurkan Ganjar Pranowo pada tahun 2021 untuk memudahkan emak-emak pedagang pasar dan pelaku industri rumahan mendapatkan modal usaha.

Dengan menggandeng Bank Jateng, Ganjar Pranowo memberi plafon kredit maksimal Rp 2 juta dengan suku bunga rendah sebesar dua persen per tahun, agar membangkitkan perekonomian pasca-pandemi Covid-19.

Ratusan emak-emak yang tergabung di dalam Relawan Mak Ganjar Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar acara Dzikir Akbar dan Doa Bersama untuk Negeri di Desa Tompong Patu, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, sebagai bentuk untuk mendukung Gubernur Jawa Tengah dengan seruan 'Ganjar Pranowo Presiden 2024', Senin (3/10/2022).
Ratusan emak-emak yang tergabung di dalam Relawan Mak Ganjar Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar acara Dzikir Akbar dan Doa Bersama untuk Negeri di Desa Tompong Patu, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, sebagai bentuk untuk mendukung Gubernur Jawa Tengah dengan seruan 'Ganjar Pranowo Presiden 2024', Senin (3/10/2022). (Istimewa)

September 2022, Ganjar Pranowo menaikan plafon kredit menjadi Rp 25 juta per tahun dengan bunga tetap dua persen.

Kenaikan plafon ini untuk merespons dampak penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved