Breaking News:

Berita Jakarta

Pemprov DKI Jakarta Pastikan Pergub 207 Tahun 2016 Penguasaan Tanah Dicabut Sebelum 16 Oktober

Koalisi Rakyat Menolak Penggusuran (KRMP) melakukan audiensi dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta utuk percepatan pembangunan

Wartakotalive/Leonardus Wical Zelena Arga
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (4/10/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Koalisi Rakyat Menolak Penggusuran (KRMP) melakukan audiensi dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta, dan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan pada Senin (3/10/2022). 

Adapun audiensi tersebut merupakan tindak lanjut dari demo KRMP pada 30 September 2022. 

Sebagai informasi, KRMP menagih janji gubernur Anies Baswedan untuk mencabut Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta 207 tahun 2016 tentang Penertiban Pemakaian atau Penguasaan Tanah Tanpa Izin yang Berhak pada Jumat (30/9/2022).

Perwakilan KRMP, Jihan Fauziah Hamdi menyebut, surat perubahan Program Pembentukan Peraturan Gubernur dalam proses koreksi di Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta. 

Baca juga: Revitalisasi Halte Bundaran HI Dianggap Bermasalah, Ariza akan Panggil Pihak Transjakarta

Bahkan, Pergub tersebut akan dicabut sebelum masa jabatan gubernur Anies dan wakil gubernur Riza berakhir pada 16 Oktober mendatang. 

"Wakil Gubernur DKI Jakarta (Ahmad Riza Patria) akan mencabut Pergub 207 tahun 2016 sebelum 16 Oktober 2022," kata Jihan pada Selasa (4/10/2022). 

Di sisi lain, Riza Patria mengaku tengah mengupayakan janjinya tersebut tuntas sebelum purna tugas. 

Ia berujar, pihaknya telah menyusun dua surat terkait Pergub tersebut. 

Surat pertama akan dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait fasilitas perubahan Pergub. 

Kemudian, surat kedua untuk perubahan program pembentukan Peraturan Gubernur yang tengah diperiksa Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Soroti Intimidasi saat Penggusuran, KRMP Desak Pemprov DKI Jakarta Cabut Pergub DKI 207/2016

"Akan kami upayakan. Pak Gubernur juga sudah sampaikan semua, surat menyurat, pergub dan lain-lain yang memang yang sudah disetujui, akan kami selesaikan sebelum tanggal 16 Oktober," kata Riza pada Selasa (4/10/2022). 

Diwartakan sebelumnya, Koalisi Rakyat Menolak Penggusuran (KRMP) kembali menggeruduk Balai Kota DKI Jakarta, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (30/9/2022).

Tujuan para pendemo adalah untuk menagih pencabutan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta 207/2016 tentang Penertiban Pemakaian atau Penguasaan Tanah Tanpa Izin yang Berhak.Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria keluar ke depan Balai Kota DKI Jakarta untuk menemui dan berdialog dengan KRMP.

"Tadi sudah saya sampaikan, InsyaAllah sebelum tanggal 16 Oktober 2022 Pergub yang baru sudah keluar," ujar pria yang akrab dipanggil Riza saat beraudiensi dengan para pendemo.

Baca juga: Surat Audiensi KRMP Bertemu Anies Baswedan Terkait Pencabutan Pergub DKI 207/2016 Masih Dievaluasi

Usai diberi penjelasan dari Ariza, para pendemo pun meminta waktu kepada Pemprov DKI Jakarta di Hari Senin depan untuk bertemu untuk memastikan keinginan mereka dapat segera dikabulkan.

Lantas, Riza mempersilakan mereka untuk bertemu dengannya. Namun hanya beberapa saja yang diperbolehkan.

"Silakan besok Senin perwakilan saja yang bertemu dengan saya. Tapi koordinasikan lagi jamnya. Takutnya saya ada jadwal lain," ujar Riza. (M35)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved