Lingkungan Hidup

Sebanyak 3.000 Pohon Mangrove Ditanam, Upaya Menghijaukan Kembali Kawasan Pesisir Pantai Jakarta

Penanaman hutan mangrove untuk mencegah terjadinya bencana alam akibat erosi pantai di area perumahan dan sisi jalan tol Jakarta Utara.

Dokumentasi AEON Environmental Foundation
Sebanyak 3.000 pohon mangrove ditanam 300 sukarelawan dan warga setempat di kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Minggu (2/10/2022). Penanaman pohon bakau di Jakarta Utara ini dianisiasi AEON Environmental Foundation. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - AEON Group Indonesia bersama AEON Environmental Foundation dan Pemerintah DKI Jakarta berkomitmen mengurangi dampak pemanasan global.

Salah satu komitmen itu diwujudkan dalam bentuk penanaman hutan mangrove untuk mencegah terjadinya bencana alam akibat erosi pantai di area perumahan dan sisi jalan tol Jakarta Utara.

Dipimpin Motoya Okada, Ketua Dewan Direksi AEON Co Ltd, AEON Environmental Foundation melakukan penanaman pohon tahap kedua di Jakarta Utara, Minggu (2/10/2022).

Sebanyak 3.000 pohon bakau ditanam 300 sukarelawan dan warga setempat di kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Minggu (2/10/2022). Penanaman pohon bakau di Jakarta Utara ini dianisiasi AEON Environmental Foundation.
Sebanyak 3.000 pohon bakau ditanam 300 sukarelawan dan warga setempat di kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Minggu (2/10/2022). Penanaman pohon bakau di Jakarta Utara ini dianisiasi AEON Environmental Foundation. (Dokumentasi AEON Enviromental Foundation)

Sejak 2011, AEON Environmental Foundation dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan penanaman pohon selama 2 tahap di daerah seperti hutan bakau dan sejenisnya.

Hutan bakau merupakan hutan pencegah bencana yang mengalami kekeringan akibat dampak pembangunan perkotaan dalam beberapa tahun terakhir.

Penanaman bakau untuk melindungi permukiman sekitar dan jalan tol dari bencana seperti banjir serta menghijaukan kembali pesisir pantai.

Baca juga: Pulau Lancang Kini Punya Destinasi Wisata Baru, Perpaduan Pantai, Karang, dan Hutan Bakau

Baca juga: Dukung Program Mangrove Blue Carbon, KEHATI dan PT Asahimas Chemical Tanam Mangrove di Pandeglang

Penanaman pohon tahap I telah dilaksanakan selama 3 tahun sejak 2011 dan melibatkan 5.100 sukarelawan dari Jepang dan Indonesia yang telah menanam 63.000 pohon bakau.

Penanaman pohon tahap II yang dimulai sejak 2018 ini dilaksanakan di lokasi yang berdekatan dengan lokasi penanaman tahap I dan dilakukan 2.000 sukarelawan dari Jepang dan Indonesia.

Sebanyak 20.000 pohon bakau telah ditanam dalam 2 tahun terakhir.

Sebanyak 3.000 pohon bakau ditanam 300 sukarelawan dan warga setempat di kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Minggu (2/10/2022). Penanaman pohon bakau di Jakarta Utara ini dianisiasi AEON Environmental Foundation.
Sebanyak 3.000 pohon bakau ditanam 300 sukarelawan dan warga setempat di kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Minggu (2/10/2022). Penanaman pohon bakau di Jakarta Utara ini dianisiasi AEON Environmental Foundation. (Dokumentasi AEON Environmental Foundation)

Tahun ini, yang merupakan pelaksanaan ketiga, sebanyak 3.000 pohon bakau ditanam 300 sukarelawan dan warga setempat.

Menurut Soichi Okazaki, Pejabat Eksekutif AEON Wilayah ASEAN, lokasi penanaman pohon dari tahun 2011 dengan total 83.000 pohon bakau itu kini sudah berubah menjadi hutan mangrove.

Hutan mangrove ini merupakan habitat bagi berbagai macam binatang dan tumbuhan lainnya yang tumbuh subur.

Baca juga: Wisata Kepulauan Seribu di Pulau Kelapa Tawarkan Hutan Mangrove dan Penangkaran Penyu

Baca juga: Angkat Isu Mangrove di KTT G20, Menteri LHK: Ini Merupakan Komitmen Indonesia Atas Perubahan Iklim

"Kami terlibat dalam berbagai kegiatan lingkungan berbasis masyarakat seperti penanaman, pemeliharaan dan pemanfaatan pohon," kata Soichi Okazaki di Kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Minggu.

Dia menambahkan, AEON Environmental Foundation akan terus aktif menjalankan gerakan peduli lingkungan seperti gerakan penanaman pohon agar kelestarian alam dapat diteruskan ke generasi penerus.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved