Pilpres 2024

Anies Baswedan Menang Head To Head dengan Ganjar Pranowo-Prabowo, Apa Jadi Capres Partai Nasdem?

Partai Nasdem usung Anies Baswedan pada Pilpres 2024? Survei CSIS, Anies Baswedan kalahkan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto head to head.

Editor: Suprapto
Wartakotalive.com/Suprapto
Partai Nasdem usung Anies Baswedan pada Pilpres 2024? Survei CSIS, Anies Baswedan kalahkan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto head to head. Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada acara penyerahan penghargaan MH Thamrin di Balai Agung DKI Jakarta, Kamis (15/9/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Partai Nasdem umumkan bakal Capres dalam Pemilu Presiden atau Pilpres 2024 Senin (3/10/2022) pagi ini. Akankah Anies Baswedan sang Capres Partai Nasdem dimaksud?

Pengumuman Capres Partai Nasdem atau Partai Nasional Demokrat dilakukan di kantor DPP Partai Nasdem, NasDem Tower, Jalan RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Undangan dari DPP Nasdem telah disebar ke sejumlah wartawan, termasuk Wartakotalive.com/ Tribunnetwork. Pengundang adalah Dadi Sumaatmadja, Kepala Media Center DPP NasDem.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah mengumumkan bahwa partainya akan mengusung tiga nama menjadi Capres pada Pilpres 2024.

Ketiga nama tersebut adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa.

Anies Baswedan saat ini adalah Gubernur DKI Jakarta yang akan mengakhiri masa bhaktinya pada 16 Oktober 2022.

Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah yang akan mengakhir masa bhaktinya pada September 2023.

Jenderal TNI Andika Perkasa saat ini adalah Panglima TNI. 

Baca juga: Tanggapan Anies Baswedan setelah Jadi Capres Partai NasDem pada Pilpres 2024

Baca juga: Surya Paloh Bakal Bikin Kejutan Soal Capres 2024, Nama Anies Baswedan Menguat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada acara penyerahan penghargaan MH Thamrin di Balai Agung DKI Jakarta, Kamis (15/9/2022).
Partai Nasdem usung Anies Baswedan pada Pilpres 2024? Survei CSIS, Anies Baswedan kalahkan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto head to head. Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada acara penyerahan penghargaan MH Thamrin di Balai Agung DKI Jakarta, Kamis (15/9/2022). (Wartakotalive.com/Suprapto)

Survei CSIS: Anies Baswedan Teratas

Sementara itu, berdasarkan berita Kompas.com, elektabilitas Anies Baswedan unggul secara head to head melawan Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kalangan pemilih muda.

Hal ini tergambar dari hasil survei yang diselenggarakan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) terhadap pemilih berusia 17-39 tahun pada 8-13 Agustus 2022.

Baca juga: Surya Paloh Jelaskan Percepatan Partai Nasdem Umumkan Capres Anies Baswedan

Baca juga: Ganjar Pranowo Kenang Almarhum KH Muhammad Dian Nafi Sebagai Sosok Moderat

Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes mengungkapkan, saat 'diadu' dengan Ganjar, elektabilitas Anies unggul dengan angka 47,8 persen.

"Ketika dilakukan head to head antara Pak Anies dengan Pak Ganjar, nah jadi kami menemukan angka yang ini, Pak Anies 47,8 persen, Pak Ganjar 43,9 persen," kata Arya dalam acara rilis survei, Senin (26/9/2022).

Dalam simulasi Anies vs Ganjar, CSIS mencatat ada 7,6 persen responden menjawab tidak tahu atau rahasia dan 0,8 persen responden mengaku belum menentukan pilihan.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved