Wisata Kota Tua

Demi Menggiatkan Pariwisata Kota Tua, Colors of Cultures Festival Digelar pada 13-14 Oktober 2022

Kawasan Kota Tua Jakarta menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi DKI Jakarta.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Sigit Nugroho
WartaKota/Fitriyandi Al Fajri
Suasana ajang Colors of Cultures Festival 2019. Saat ini Indonesia ITC kembali menggelar acara tersebut di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat pada 13-14 Oktober 2022. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Indonesia Tourism Information Center (Indonesia TIC) menggelar kegiatan Colors of Cultures Festival 2022 bertajuk 'Simfoni Untuk Negeri'.

Kegiatan itu digelar untuk mewujudkan Kawasan Kota Tua Jakarta sebagai salah satu destinasi unggulan di Provinsi DKI Jakarta.

Hal itu merupakan wujud nyata Indonesia TIC sebagai platform yang menaungi promosi pariwisata.

Direktur Pengembangan Indonesia TIC Dodi Riadi mengatakan bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan di Taman Fatahillah, Kota Tua Jakarta pada tanggal 13-14 Oktober 2022 itu merupakan kegiatan yang keenam kalinya digelar.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk mereaktivasi kawasan Kota Tua Jakarta pasca revitalisasi dan menggiatkan kembali pariwisata Jakarta setelah masa pandemi Covid-19,” kata Dodi kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (1/10/2022). 

Baca juga: Festival #IniJakarta di Kawasan Kota Tua Dipadati Lebih dari 30.000 Pengunjung

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Sedang Berusaha Menyelesaikan Permasalahan PKL Liar di Kawasan Kota Tua Jakarta

Baca juga: Anies Berharap Proyek MRT di Kawasan Kota Tua Dilanjutkan Penerusnya

Dodi berujar bahwa dalam dua hari kegiatan tersebut, hari pertama yakni 13 Oktober 2022, akan menyuguhkan pagelaran musik orkestra yang digabungkan dengan musik etnis Indonesia.

Pada sesi ini akan menampilkan konduktor musik andal Tya Subiakto berkolaborasi dengan Erramono Soekarjo dan kelompok musik TNI Angkatan Laut. 

"Tidak hanya itu, selama pagelaran musik berlangsung para tamu undangan rencananya akan dihibur dengan lantunan suara emas Lea Simanjuntak serta pedansa Iyon Pramono, dan acara ini akan dipandu oleh pembawa acara senior Tantowi Yahya,” ujar Dodi.

“Para tamu undangan yang hadir akan mendengarkan musik sembari menikmati sajian makan malam dengan konsep ala Rijtstaffel yang akan membawa nuansa tamu undangan ke masa lalu,” terang Dodi.

BERITA VIDEO: WARTAKOTA LIVE UPDATE SIANG: SABTU 1 OKTOBER 2022

Sementara pada hari kedua pada 14 Oktober 2022, pengunjung Kota Tua dapat menyaksikan kekayaan seni tari tradisional Indonesia.

Tarian itu didatangkan langsung dari sepuluh provinsi yang tergabung dalam Indonesia TIC. 

"Daerah-daerah itu dari Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Selain itu di kegiatan Colors of Cultures Festival tahun ini juga akan ada pameran foto dengan tema rupa kota Jakarta dari tahun ke tahun,” tutur Dodi.

Di sisi lain, Humas Indonesia TIC, Aditi Brahmaniyuta menyampaikan, selama dua hari penyelenggaraan acara, museum-museum yang berada di sekitar kawasan Taman Fatahillah akan buka hingga pukul 20.00 WIB.

Ajang Colors of Cultures Festival ini diharapkan dapat menjadi wadah promosi bersama untuk mengangkat kembali pariwisata Indonesia.

Dalam kegiatan itu, lanjut Aditi, akan ada pertunjukan musik diantaranya Tanjidor, Timutiwa Choir dan Orkestra.

Setelah acara rijsttafel, akan dilanjutkan dengan acara dansa oh dansa.

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan kolaborasi antara lain Indonesia TIC, Yayasan Kota Tua, Mula Kota Tua dan yang lainnya.

“Nanti pameran foto itu akan menampilkan wajah Jakarta, maka dari itu temanya adalah Jakarta dulu, kini, nanti,” kata Aditi.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved