Berita Jakarta

Tingkatkan Kualitas SDM Tenaga Kerja Bongkar Buat Pelabuhan, Inkop TKBM Gelar Uji Kompetensi

Nasir menyebut, kompetensi dan sertifikasi TKBM merupakan saat ini merupakan hal yang sangat penting

Editor: Feryanto Hadi
ist
Penandatanganan kerja sama antara Inkop TKBM Pelabuhan dengan PT. Retsan Cipta Sinergi di bidang pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja bongkar muat pelabuhan 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Inkop TKBM Pelabuhan menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT. Retsan Cipta Sinergi di bidang pendidikan dan pelatihan serta Uji Kompetensi Tenaga Kerja Bongkar Buat (TKBM) di Pelabuhan.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan  di Hotel Golden Boutique Jakarta

H. M. Nasir selaku Ketum Inkop TKBM Pelabuhan mengatakan, dari tahun 2005 pihaknya sudah melaksanakan diklat untuk TKBM.

Hanya saja, selama ini pihaknya menggunakan lembaga sertifikasi yang berbeda-beda

"Salah satu program kerja prioritas Inkop TKBM Pelabuhan saat ini adalah meningkatkan kualitas SDM TKBM melalui pendidikan dan pelatihan profesi untuk mendapatkan kompetensi dan sertifikasi sebagai TKBM di Pelabuhan," ungkap Nasir  melalui keterangan persnya, Jumat (30/9/2022)

Baca juga: Musti Pakai Surat, Nelayan di Pelabuhan Muara Angke Keluhkan Sulitnya Dapat Solar

Lebih lanjut Nasir juga menjelaskan, kompetensi dan sertifikasi TKBM merupakan saat ini merupakan hal yang sangat penting karena terkait dengan kinerja pelayanan dan produktifitas dalam mendukung kelancaran arus bongkar muat barang di Pelabuhan.

"Tentu hal ini harus menjadi perhatian khusus bagi Pengurus Primer Koperasi TKBM se Indonesia agar program ini segera terealisasi," tegas Nasir.

Pada kesempatan yang sama, direktur utama PT. Retsan Cipta Sinergi, Sudibyo, yang menjadi mitra Inkop TKBM untuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan serta uji kompetensi dan sertifikasi TKBM mengatakan, pihaknya siap bekerjasama dan mendukung program kerja prioritas yang telah dicanangkan tersebut

Baca juga: Pasok Kebutuhan Telur, Food Station Kolaborasi dengan Koperasi Peternak Unggas Sejahtera Blitar

"Manajemen perusahaan kami sebagai perusahaan penyelenggara pendidikan yang bekerjasama dengan BNSP LSP pelatihan serta uji kompetensi dan sertifikasi telah menyiapkan bentuk pelatihan yang terkait dengan profesi TKBM sebagaimana telah diatur dalam ketentuan peraturan terkait hal tersebut.

Yang pasti, target untuk mensertifikasi TKBM akan segera kita lakukan agar kinerja pelayanan dan produktifitas TKBM di Pelabuhan meningkat lebih baik dan profesional, " ungkap dibyo lagi.

Acara penandatanganan MoU antara Inkop TKBM dan PT. Retsan Cipta Sinergi ditutup oleh Joly Sanggam, SE selaku Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Inkop TKBM.

Baca juga: Koperasi TKBM Pelabuhan Gelar Rakornas, Fokus Bahas Pencabutan SKB

Dengan harapan agar kerjasama ini dapat berjalan lancar dan sesuai keinginan yang telah dicanangkan, Joly berharap Pengurus Primer Koperasi TKBM untuk sesegera mungkin mempersiapkan TKBM yang belum bersertifikasi untuk segera mengikuti pelatihan

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved