Komunitas

Peringati World Cleanup Day, Komunitas Lari Trail Sobat Sunday Bersih-Bersih Sampah di Gunung Gede

Peringati World Cleanup Day, komunitas lari trail Sobat Sunday melakukan fun trail serta aksi bersih-bersih di alun-alun Suryakencana - Gunung Gede.

dok. komunitas lari trail Sobat Sunday
Dalam rangka World Cleanup Day, komunitas lari trail Sobat Sunday menyelenggarakan fun trail serta aksi bersih-bersih di alun-alun Suryakencana - Gunung Gede, Bogor, Minggu (18/9/2022) lalu. 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Setiap Sabtu pekan ketiga bulan September diperingati sebagai World Cleanup Day (Hari Bersih-Bersih Dunia).

Dalam rangka memperingati World Cleanup Day, komunitas lari trail Sobat Sunday menyelenggarakan fun trail serta aksi bersih-bersih di alun-alun Suryakencana - Gunung Gede.

Apa itu World Cleanup Day? Salah satu gerakan sipil terbesar saat ini, menyatukan 191 negara di seluruh dunia untuk planet bumi yang lebih bersih.

Pada hari itu para sukarelawan dan mitra di seluruh dunia kembali berkumpul, terlepas dari persyaratan khusus dan banyak pembatasan Covid-19, untuk membersihkan bumi dari sampah yang berserakan baik itu di pantai, sungai, hutan, gunung dan jalan.

Aksi bersih-bersih yang dilaksanakan serentak di 191 negara di dunia ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan bumi dari limbah yang tidak dikelola dengan baik, serta mengajak dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah.

Dalam rangka World Cleanup Day, komunitas lari trail Sobat Sunday menyelenggarakan fun trail serta aksi bersih-bersih di alun-alun Suryakencana - Gunung Gede, Bogor, Minggu (18/9/2022) lalu.
Dalam rangka World Cleanup Day, komunitas lari trail Sobat Sunday menyelenggarakan fun trail serta aksi bersih-bersih di alun-alun Suryakencana - Gunung Gede, Bogor, Minggu (18/9/2022) lalu. (dok. komunitas lari trail Sobat Sunday)

Aksi ini merupakan perwujudan peningkatan kepedulian terhadap permasalahan sampah serta menjadi sarana memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan Bumi.

Ide yang mengubah dunia ini dimulai di negara Estonia, pada tahun 2008. Sebanyak 50.000 orang bersatu untuk membersihkan seluruh negara hanya dalam lima jam. Pada hari itu, gerakan sipil global bottom-up lahir dan menyebar ke seluruh dunia.

Untuk melaksanakan gerakan tersebut, komunitas lari Sobat Sunday yang dimotori  oleh Rezki Mulia Rahmat (keritiank) dan Andi Rio bersama komunitas lari lainnya seperti 910 runners dan RFI Trail mendapat dukungan dari 910 shoes sepatu lokal Indonesia dan BIB (Buat Indonesia Bergerak) yang telah melakukan aksi pungut sampah di kawasan Alun-Alun Suryakencana Gunung Gede, Minggu (18/9/2022) lalu.

"Kami mengajak sobat pelari trail untuk bergerak sehat mendaki Gunung Gede dan berhasil mengangkut sampah turun dari gunung seberat 53,46 kg," ungkap Rezki yang juga akrab dipanggil “Keritiank”.

Memperingati World Cleanup Day, komunitas lari trail Sobat Sunday menyelenggarakan fun trail serta aksi bersih-bersih di alun-alun Suryakencana - Gunung Gede, Bogor, Minggu (18/9/2022) lalu.
Memperingati World Cleanup Day, komunitas lari trail Sobat Sunday menyelenggarakan fun trail serta aksi bersih-bersih di alun-alun Suryakencana - Gunung Gede, Bogor, Minggu (18/9/2022) lalu. (dok. komunitas lari trail Sobat Sunday)

Sementara, menurut Andi Rio, komunitas Sobat Sunday melakukan aksi bersih-bersih sampah dengan gembira, bahkan sambil bernyanyi lagu Lintas Alam Berlarilah, sebagai lagu hasil ciptaannya sendiri.

"Nah, sobat di seluruh Indonesia, yuk kita dukung gerakan bebas sampah di sekitar kita," ujar Andi.

BIB juga turut mendukung kegiatan-kegiatan positif komunitas lainnya melalui kampanye #BuatIndonesiaBergerak, dengan akun instagram @bib.idn.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved