Bappeda DKI Inisiasi Jakarta Innovation Days: Inovasi Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Jakarta

Bappeda DKI menginisiasi Jakarta Innovation Days sebagai ajang bertukar gagasan dan pengalaman yang bisa melahirkan inovasi bagi peradaban manusia.

Dok Pemprov DKI Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) dan Kepala Bappeda DKI Jakarta Atika Nur Rahmania (kiri) bersama para inovator saat pembukaan Jakarta Innovation Days. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR -- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi DKI Jakarta menginisiasi Jakarta Innovation Days sebagai ajang bertukar gagasan dan pengalaman yang dapat melahirkan inovasi bagi peradaban manusia.

Kepala Bappeda DKI Jakarta Atika Nur Rahmania mengatakan, peran inovasi selain bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi, juga dapat memecahkan masalah kemasyarakatan.

Di samping itu dapat mengembangkan organisasi, karena inovasi memiliki nilai budaya dalam menciptakan kreasi dan self-realization.

Baca juga: Anies Baswedan Sebut Jakarta Innovation Days jadi Ajang Bertukar Terobosan dan Pengalaman

“Dari sisi perekonomian, keberadaan inovasi dapat meningkatkan produktivitas yang berdampak pada peningkatan perekonomian,” kata Atika pada Rabu (28/9).

Sebagai contoh, kata Atika, adanya MRT Jakarta dan Transjakarta sebagai sarana transportasi publik.

Kehadiran angkutan massal ini bisa mempercepat mobilitas masyarakat serta meningkatkan efisiensi waktu, sehingga mampu berkontribusi dalam peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) DKI Jakarta hampir mencapai empat persen.

“Berawal dari ide kolaborasi ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menginisiasi untuk mengadakan event inovasi yang berjudul Jakarta Innovation Days. Acara ini menampilkan karya-karya inovasi anak bangsa yang berpotensi untuk dikembangkan melalui kolaborasi di kemudian hari, sehingga karya-karya ini dapat dikenal masyarakat,” jelas Atika.

Acara inovasi tahun ini mengusung tema ‘Bersama Berinovasi’.

Tema ini diangkat guna memberi gaung dan semangat kepada para pelaku inovasi, termasuk calon-calon inovator masa depan, agar tetap bersemangat menghadapi kondisi ekonomi global yang saat ini dipenuhi oleh ketidakpastian.

Selain itu, acara ini diharapkan bisa memberi kepercayaan diri dan meningkatkan rasa kecintaan masyarakat terhadap industri serta pendidikan Tanah Air.

Tidak hanya mengenalkan berbagai inovasi, acara ini menampilkan pula pencapaian yang telah diraih oleh Pemerintah DKI Jakarta, terutama pada pelayanan publik yang lebih adaptif dan responsif.

“Event Jakarta Innovation Days diharapkan dapat menjadi acara tahunan yang akan terus diselenggarakan secara rutin yang menjadi wadah para penggiat ilmu pengetahuan dan teknologi di Jakarta,” tutur Atika.

“Acara ini juga sebagai ajang peningkatan kreativitas dan inovasi serta riset untuk membahas dan memamerkan karya-karya inovasi terbaru yang akan mengarah pada peningkatan riset dan Iptek anak negeri,” lanjutnya.

Atika mengungkapkan, acara ini digelar karena didorong oleh tantangan ekonomi yang masih dipengaruhi oleh pandemi.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved