Breaking News:

Berita Video

VIDEO Kampung Iklim Cemara, Lingkungan Hijau di Tengah Kepadatan Kota

Suasana asri nampak di wilayah padat penduduk di Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara. Jalanan dipenuhi bunga, tanaman hias, serta tanaman anggur

Penulis: M. Rifqi Ibnumasy | Editor: Fredderix Luttex

WARTAKOTALIVE.COM, KOJA - Suasana asri nampak di wilayah padat penduduk RT/RW 01/01 Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara.

Jalanan dipenuhi bunga-bunga dan tanaman hias, serta tanaman buah anggur yang nampak mempercantik sela-sela gang rumah-rumah.

Kelurahan Tugu Utara menjadi salah satu penerima Program Program Kampung Iklim (Proklim) Gang Hijau (GH) untuk menghadapi perubahan iklim.

Program yang dicetuskan oleh PT Pertamina Lubricants (PTPL) tersebut mengajak para pemangku kepentingan di wilayah Tugu Utara untuk menata lingkungan lebih indah dan sehat.

Corporate Secretary PTPL, Rifqi Budi Prasetyo mejelaskan, ProKlim diadakan untuk Corporate Secretary PTPL, Rifqi Budi Prasetyo menyampaikan bahwa tujuan utama pembentukan Proklim adalah mendorong partisipasi masyarakat untuk melakukan upaya-upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan.

"Sebagai perusahaan kami sadar bahwa operasional perusahaan akan berjalan dengan baik apabila terjadi keseimbangan hubungan antara perusahaan dan masyarakat dengan berbagai kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat maupun lingkungan sekitarnya. Pengakuan ini menjadi motivasi kami untuk melakukan program pemberdayaan masyarakat di seluruh wilayah operasi PT Pertamina Lubricants," kata Rifqi di lokasi, Kamis (29/9/2022)

Baca juga: Harga Kedelai Melambung Tinggi, Pengrajin Tempe Gulung Tikar Hingga Terlilit Hutang

Menurut Rifqi, program ini dibuat untuk menyalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berupa pelatihan, pembangunan sarana/prasarana kegiatan, pemberian alat penunjang kegiatan, dan pendampingan kegiatan.

Pada tahun 2022 ini, PTPL sudah merealisasikan bantuan sebesar Rp 180 juta dan dukungan terhadap pengembangan Proklim GH Cemara 001 tidak hanya berhenti di tahun ini saja, namun juga akan berlanjut selama lima tahun kedepan.

Baca juga: Wisata Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa Ada Destinasi untuk Kenangan

Selain itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara Wawan Budi Rohman menyatakan, bahwa Jakarta sebagai salah kota yang memiliki memiliki peran yang vital dalam aksi perubahan iklim.

Wawan menganggap, perlindungan ekosistem yang dilaksanakan oleh masyarakat lingkungan di wilayah sangat penting untuk memitigasi perubahan iklim.

Baca juga: Pelaku Usaha Justru Bantu Pemerintah Atasi Kelangkaan Minyak Goreng

"Keberadaan Proklim GH Cemara 001 menunjukkan kolaborasi lintas sektor dalam pembangunan masyarakat, antara pemerintah, masyarakat, dan swasta. Hal ini sesuai dengan visi Jakarta sebagai kota kolaborasi. Kepedulian PT Pertamina Lubricants terhadap masyarakat wilayah sekitarnya juga patut kita apresiasi," pungkasnya. (m38)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved