Pj Gubernur DKI Jakarta

Fraksi PKS Harap Presiden Jokowi Pilih Pj Gubernur Dari Rekomendasi DPRD DKI Jakarta

Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta berharap pengganti Anies Baswedan menjadi wewenang Presiden, namun disarankan berdasarkan yang dicalonkan DPRD

TRIBUNNEWS/CHAERUL UMAM
Anggota Fraksi PKS, Suhud Aliyudin menyebut, partainya menginginkan pengganti Anies Baswedan sesuai dengan harapan masyarakat.  

WARTAKOTALIVE.COM, MENTENG - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta buka suara ihwal penjabat gubernur DKI Jakarta. 

Anggota Fraksi PKS, Suhud Aliyudin menyebut, partainya menginginkan pengganti Anies Baswedan sesuai dengan harapan masyarakat. 

Dalam artian, sosok yang berjiwa kenegarawanan dan paham demokrasi. 

"Soal gubernur ini kan hak prerogatif presiden. Artinya itu wewenang presiden dan tentunya harapan baik pada kita semua.

Ya kalau pendekatan negarawan dan demokrasi, mungkin tidak akan beda dengan harapan masyarakat," kata Suhud dalam kegiatan Forum Grup Discussion Series 3 DPD Golkar DKI Jakarta: Mencari Figur Ideal Penjabat Gubernur DKI Jakarta pada Rabu (28/9/2022). 

Suhud menilai Pj gubernur berpotensi besar memiliki kepentingan politik. 

Baca juga: DPRD DKI Fraksi Nasdem Dukung Bahtiar Dipilih Presiden untuk jadi Pj Gubernur Jakarta

Bahkan, pihaknya meyakini sosok yang terpilih menjadi Pj gubernur bakal bekerja untuk kepentingan kekuasaan. 

Sehingga, partai berlambang bulan dan kapas itu berharap Joko Widodo memilih Pj gubernur berdasarkan rekomendasi DPRD DKI Jakarta. 

Sebagai informasi, DPRD DKI Jakarta menetapkan tiga kandidat penjabat gubernur pengganti Anies Baswedan

Ketiga kandidat tersebut yaitu Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali, Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.

"Harapan kita, pilihan itu tidak akan keluar dari usulan yang disampaikan oleh DPRD DKI. Karena usulan ini mendekati harapan masyarakat atau perspektif kenegarawanan," tandasnya. 

Baca juga: Marullah Matali Tidak Bisa Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta Pengganti Anies Baswedan

Sebagai informasi tambahan, masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta bakal berakhir pada 16 Oktober mendatang. 

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri akan menunjuk Penjabat (Pj) Gubernur) untuk mengisi kekosongan sebelum Pilkada 2024. (M35)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved