Berkat JKN-KIS, Istri Kurir Ojol Asal Tangerang Ini Sembuh dari Penyakit TBC

Eko Setyawan manfaatkan Program Jaminan Kesehatan Nasional untuk berjuang melawan penyakit Tuberculosis (TBC) yang diderita istrinya.

istimewa
Eko Setyawan, peserta JKN-KIS mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan bebas biaya saat istrinya menjalani pengobatan dari penyakit Tuberculosis (TBC). 

WARTAKOTALIVE.COM, TIGARAKSA - Eko Setyawan (27), kepala keluarga yang berprofesi sebagai kurir ojek online dan berdomisili di Desa Sukamulya, Kabupaten Tangerang, merupakan salah satu peserta yang telah memanfaatkan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui kisah istrinya yang berjuang melawan penyakit Tuberculosis (TBC).

Eko, sapaan akrabnya, harus menemani istri tercinta berjuang sembuh dari salah satu penyakit yang telah menyebabkan infeksi pada paru-parunya.

Ia bercerita bahwa dirinya dan istri telah terdaftar menjadi peserta JKN sejak 2018 silam. Eko dan istri merupakan peserta dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN.

Sejak terdaftar sebagai peserta JKN, Eko mengaku keluarganya telah memanfaatkan Program JKN untuk perawatan kesehatan ringan seperti demam, batuk dan pilek.

Di tahun yang sama, tiba kondisi sang istri, Intan (27) menunjukkan gejala penyakit yang mengkhawatirkan dan tidak biasa.

“Awalnya, saya tidak curiga kalau istri saya menunjukkan gejala TBC. Sampai akhirnya saya khawatir mendengar batuknya terjadi tiada henti dan merasa kesakitan. Melihat kondisi tersebut saya panik dan segera membawa istri saya ke Rumah Sakit An-Nisa," ungkap Eko beberapa waktu lalu.

Tiba di rumah sakit, lanjut Eko, istri saya segera ditangani oleh petugas medis. "Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan, istri saya terdiagnosa TBC sehingga dokter memberikan rujukan untuk menjalani rawat inap di rumah sakit,” ujar Eko.

Eko juga mencurahkan kekagumannya pada Program JKN yang telah memberikan kemudahan dalam pelayanan kesehatan serta mendapatkan pelayanan terbaik bagi istri saya selama perawatan intensif di rumah sakit.

Menurut Eko, istrinya dilayani dengan sangat baik meskipun bukan dari pasien umum. Terlebih lagi, Eko tidak perlu menggunakan tabungannya karena Program JKN telah menanggung seluruh pengobatan istrinya.

“Selama satu minggu rawat inap di Rumah Sakit An-Nisa, istri saya dilayani dengan sangat baik dan berbagai jenis obat yang tentunya berbiaya mahal diberikan untuk kesembuhan istrinya tanpa dikenakan biaya tambahan sedikitpun. Meskipun kami datang sebagai peserta JKN,” ujar Eko.

Di akhir kesempatan, Eko mengucapkan rasa syukur yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Ia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada program JKN, karena dengan kehadiran Program JKN-KIS telah menolong istrinya melawan penyakit TBC. Ia juga berharap Program JKN semakin meningkatkan mutu layanan bagi peserta.

“Meskipun kami tidak membayar iuran karena menggunakan kartu JKN yang telah dibantu iurannya oleh Pemerintah, tidak ada perbedaan pelayanan yang diberikan selama kami memanfatkan kartu JKN. Baik itu petugas administrasi maupun petugas kesehatan yang bersikap sangat ramah dan kooperatif," sebut Eko.

Eko pun mendukung penuh agar Program JKN terus berlangsung agar dapat terus membantu dan menyebarkan manfaat kebaikan kepada masyarakat Indonesia, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved