Berita Jakarta

Ada Pembuatan Crossing di Kompleks IKIP, Lalu Lintas di Jalan Pendidikan Dialihkan

Ada pembuatan crossing di kawasan Komplek IKIP Jakarta Timur sehingga Dishub lakukan pengalihan lalu lintas

Penulis: Rendy Rutama | Editor: Dian Anditya Mutiara
Wartakotalive/Rendy Rutama Putra
Situasi penutupan menjadi satu jalur di kawasan Komplek IKIP, Jalan Pendidikan Raya, Jakarta Timur, resmi diberlakukan mulai hari ini, Kamis (29/9/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pembuatan crossing di kawasan Komplek IKIP, Jalan Pendidikan Raya, Jakarta Timur, resmi diberlakukan mulai hari ini, Kamis (29/9/2022), sehingga berdampak kepada akses jalan yang hanya berlaku satu jalur.

Kepala Seksi Lalu Lintas Jalan, Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Benhard L. Tobing, mengungkapkan, pengerjaan yang dilakukan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) ini berlaku untuk Jalan Pendidikan dari dua sisi, yakni sisi Selatan maupun Utara.

"Untuk arus lalu lintas itu diberlakukan hanya dari arah Barat menuju Timur, dari arah Jalan Raya Pendidikan menuju Jalan Raden Intan II atau menuju Jalan taman Malaka Raya," kata Benhard, Kamis (29/9).

Sehingga, akses menuju ke Jalan Raya Pendidikan dialihkan, berikut Rute pengalihan jalur atau rekayasa lalu lintasnya sebagai berikut : 

Baca juga: Sejumlah Rute Dialihkan, Berikut Rekayasa Lalu Lintas terkait Adanya Revitalisasi Jembatan Cibubur

1. Bagi kendaraan dari Jalan Taman Malaka Selatan yang akan menuju Jalan Swadaya Raya, Kantor Kecamatan Duren Sawit dan Kampung Melayu dialihkan melewati Jalan Raden Inten II - Jalan Kolonel Sugiono

2. Kendaraan dari Jalan Swadaya Raya, dari arah Kantor Kecamatan Duren Sawit dan Jalan Kolonel Sugiono, dari arah Kampung Melayu tetap dapat melintas di Jalan Pendidikan Raya - Jalan Taman Malaka Selatan, sebab Jalan Raden Inten II diberlakukan sistem satu arah dari Barat ke arah Timur.

Selain itu, Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Kusmanto, mengungkapkan, tujuan diberlakukan crossing ini diharapkan dapat berkaca dari proyek serupa di jalan lainnya untuk mengatasi genangan air yang kerap terjadi.

"Pengalaman dari seperti Jalan Sugiono, kemudian Jalan Ngurah Rai, kemudian warga Klender yang di Podomoro, wilayah itu tidak merasakan banjir termasuk Komplek abadi, semenjak dibuat crosingan dari Komplek ke BKT," kata Kusmanto seusai apel penutupan akses satu jalur di Komplek IKIP, Jalan Pendidikan Raya, Jakarta Timur, Kamis (29/9).

Baca juga: Berikut Rekayasa Lalu Lintas Jalan Galunggung saat Proses Erection JPM Dukuh Atas

Lanjutnya, Kusmanto mengatakan, dengan dibuatkannya crosingan ini dapat menjadi solusi tambahan untuk mengatasi genangan air yang kerap ditemui ketika intensitas hujan deras maupun ringan.

Selain itu, ini langkah selanjutnya dari jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur, dari tahapan penataan wilayahnya, terkhusus konteks antisipasi genangan air.

"Sebelum crosingan, sekarang ini sudah dilakukan penataan, hasilnya sudah mulai berkurang, mudah-mudahan dengan crosingan nambah lagi kurangnya," tuturnya.

Untuk membuat crossing saluran tersebut, 15 personel gabungan lintas sektor sempat mengadakan rapat koordinasi pada Rabu (20/9/2022) kemarin di Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Timur.

Rapat tersebut dipimpin secara langsung oleh Kusmanto, nampak juga dihadiri Sudin SDA, Sudin Bina Marga, Kecamatan Duren Dawit, Satpol PP, Kelurahan Duren Sawit, hingga Unit Lantas Polsek Duren Sawit.

Kusmanto menjelaskan, pembuatan crossing saluran air tersebut melibatkan lintas sektor untuk mencari solusi bersama.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved