Berita Jakarta

Seragam Polisi Dilengkapi Bodycam, Waspada Buat yang Melanggar Bisa Langsung Terekam

Kombes Nurul Azizah mengatakan, seragam polantas akan dilengkapi dengan body camera untuk personel yang bertugas di Unit Turjawali

Istimewa
Seragam Polisi lalu lintas akan dilengkapi dengan body camera di seragam untuk mempermudah penilangan ETLE 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ada informasi terbaru, seragam polisi lalu lintas atau polantas terbaru untuk bertugas di lapangan akan dilengkapi dengan bodycam atau body camera

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah mengatakan, seragam polantas akan dilengkapi dengan body camera

"Hanya, untuk penggunaan seragam lalu lintas yang rencananya akan ada bodycam, teknis saya belum terinformasi sudah digunakan atau belum dan lain-lain," katanya kepada Kompas.com, Selasa (27/9).

Yang jelas, menurut Nurul, seragam baru polantas yang akan dilengkapi dengan body camera itu akan digunakan personel saat bertugas di Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Unit Turjawali). 

Baca juga: Polda Metro Jaya Selidiki Kebenaran Dugaan Pungli yang Dilakukan Oleh Oknum Polantas di Gerbang Tol

Nantinya, body camera tersebut menjadi alat pantauan atau pengawas situasi lalu lintas di sekitar petugas tersebut.

Bahkan, body camera itu juga akan terintegrasi dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). 

Petugas Polantas Polda Metro Jaya sedang menangani peristiwa terbakarnya sebuah mobil di ruas tol dalkot Pancoran arah ke Cawang
Petugas Polantas Polda Metro Jaya sedang menangani peristiwa terbakarnya sebuah mobil di ruas tol dalkot Pancoran arah ke Cawang (Twitter @TMCPoldaMetro)

"Atau dalam penindakan pelanggar lalu lintas, sehingga mengurangi petugas kontak langsung dengan pelanggar yang rawan menimbulkan perdebatan atau peluang penyimpangan lainnya," ucap dia. 

Dikutip dari Kompas.id, Korlantas Polri memperbarui pakaian dinas, yang dibuat minimalis untuk memudahkan polantas melakukan tindakan penanganan kecelakaan. 

Baca juga: Seragam Baru Polantas Akan Dilengkapi dengan Body Camera, Ini Tujuannya

Seragam baru itu merupakan modifikasi dari seragam sebelumnya, tetapi ada tambahan seperti atribut yang dibordir, keterkaitan dengan handy talky (HT), serta body camera. 

Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menyebutkan, perubahan seragam baru itu sesuai dengan perkembangan dan tantangan tugas yang baru. 

"Kami melihat ada beberapa yang perlu penyesuaian," ujar Firman, dikutip dari Kompas.id, Senin (26/9).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polri: Seragam Baru Polantas Akan Dilengkapi “Body Camera”"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved