Penanaman pohon

Gandeng Tiga SMKN Pertanian, Korem Cibitung Tanam 1.437 Pohon di Markas

Bekerjasama dengan FIFGROUP dan tiga SMKN Pertanian, Korem 051/Wijayakarta menanam 1.437 pohon di Food Estate Markas Korem Cibitung.

istimewa
Human Capital, General Support & Corporate Communication Director FIFGROUP Esther Sri Harjati saat penanaman pohon di kompleks Food Estate Korem 051/WKT, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Selasa (27/9/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASIKomando Resor Militer (Korem) 051/Wijayakarta (WKT) Cibitung menanam ribuan pohon di kompleks Food Estate Korem 051/WKT, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Selasa (27/9/2022). Acara itu terselenggara dengan bekerjasama dengan PT Federal International Finance sebagai salah satu anak perusahaan PT Astra International.

Total sebanyak 1.437 batang pohon yang terdiri dari 21 jenis tanaman, di antaranya adalah mahoni, sengon, durian, trembesi, alpokat, rambutan dan masih banyak lagi, akan ditanam di kawasan Food Estate Terpadu Korem 051/WKT di Desa Wanajaya, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Kemilau HUT ke-33 FIFGROUP. Dalam kegiatan ini, Corporate Social dan Responsibility (CSR) Department menggelar kegiatan penanaman pohon dengan target sebanyak 33.000 batang pohon sepanjang tahun 2022 di seluruh wilayah di Indonesia.

Untuk mencapai target 33.000 pohon itu, FIFGROUP bekerja sama dengan banyak pihak eksternal seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, Kepolisian Sektor (Polsek), Batalyon TNI dan pemerintah daerah di masing-masing titik lokasi tanam pohon.

Selain itu, FIFGROUP juga mengajak karyawan untuk melakukan kampanye tanam pohon melalui kegiatan internal yang menghasilkan 3.695 bibit pohon. Secara khusus dalam kegiatan di Food Estate Korem 051/WKT kali ini, FIFGROUP berkolaborasi dengan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pertanian Cikampek, SMKN Pertanian Karawang, dan SMKN 63 Jakarta dalam hal penyediaan bibit pohon yang ditanam.

Human Capital General Support, & Corporate Communication Director FIFGROUP Esther Sri Harjati mengatakan, kegiatan tanam pohon ini dilakukan sebagai upaya FIFGROUP dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 13 tentang climate action (penanganan perubahan cuaca) dan nomor 15 tentang life on land (menjaga ekosistem darat), serta mendukung Environmental, Social & Governance (ESG) nomor 5 yaitu biodiversity.

“Perseroan terus berupaya menggelar kegiatan yang dapat memberikan manfaat, baik untuk lingkungan maupun masyarakat, sejalan dengan misi perusahaan yaitu memberikan kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat. Pohon memberikan kehidupan dan penghidupan. Jadi mari jaga lingkungan yang ada di sekitar kita,” papar Esther.

Kegiatan tanam pohon ini turut dihadiri oleh Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 051/WKT, Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, perwakilan SMK Negeri 1 Cikampek Dudi Puwadin, perwakilan SMK Pertanian Karawang Saehul Huda, dan Kepala Sekolah SMK Negeri 63 Jakarta Valentina Purnama Dewi. Turut hadir pula Deputy Division Head Corporate Communication & CSR FIFGROUP, Robertus Benny Dwi Koestanto dan Corporate Communication & CSR Department Head FIFGROUP Charles DW Simaremare.

“Hingga akhir Agustus 2022, total pohon yang sudah ditanam adalah sebanyak 17.739 buah, belum termasuk 1.437 pohon yang kita tanam hari ini,” tutur Robertus Benny.

Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto mengatakan, pihaknya mendukung penuh setiap upaya perbaikan kualitas lingkungan.

"Sasaran penanaman pohon secara serentak ini adalah dalam rangka mewujudkan seluruh lahan menjadi hijau kembali,” tuturnya.

Mencapai 33.000 pohon

FIFGROUP mencanangkan program penanaman pohon total sebanyak 33.000 bibit pohon di sejumlah titik di Indonesia sepanjang tahun 2022 melalui program bertajuk FIFGROUP Hijaukan Bumi. Sebelumnya, pada tahun 2021, FIFGROUP telah menanam 8.498 pohon di 62 titik penanaman.

Dari jumlah itu, 4.500 bibit pohon di antaranya adalah penanaman jenis pohon endemik yang dilakukan serentak di 55 titik di seluruh wilayah di Indonesia dan 3.998 bibit pohon lainnya adalah jenis pohon-pohon langka. Kegiatan itu mendapatkan penghargaan Museum MURI sebagai Penanaman Pohon Sejenis Serentak di Lokasi Terbanyak (Pohon Ketapang).

Dalam kurun waktu satu dasawarsa, yakni mulai tahun 2011 hingga Mei 2021, FIFGROUP sudah menanam sebanyak 80.564 pohon dan akan mencapai lebih dari 113.000 pohon pada akhir tahun 2022. FIFGROUP berupaya untuk dapat terus berkontribusi secara berkesinambungan dalam menjaga dan memelihara alam serta lingkungan. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved