Polisi Tembak Polisi

Berkas Perkara Ferdy Sambo Cs Lengkap, Mahfud MD: Mari Kita Kawal Sampai Akhir

Menurut Mahfud MD lengkapnya berkas kasus Ferdy Sambo Cs ini menunjukkan Kejaksaan Agung dan penyidik Polri telah bekerja keras dan profesional

Istimewa Akun YouTube Deddy Corbuzier
Menko Polhukan Mahfud MD mengajak masyarakat mengawal kasus Ferdy Sambo Cs sampai akhir yakni di persidangan 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Menko Polhukam Mahfud MD mengapresiasi sudah lengkapnya atau P-21 berkas perkara kasus Ferdy Sambo Cs, baik terkait pembunuhan Brigadir J atau Brigadir Yosua Hutabarat dan kasus obstruction of justice.

Menurut Mahfud MD lengkapnya berkas kasus Ferdy Sambo Cs ini menunjukkan Kejaksaan Agung dan penyidik Polri telah bekerja keras dan profesional dalam menangani kasus ini.

Hal itu diungkapkan Mahfud MD melalui akun twitter resminya @mohmahfudmd, Rabu (28/9/2022) dalam menanggapi sudah lengkapnya berkas kasus Ferdy Sambo Cs.

"Alhamdulillah, Kejaksaan Agung telah menyatakan berkas perkara pembumuhan Brigadir Yosua atau kasus Sambo sudah lengkap (P21). Melibatkan 5 TSK pembunuhan berencana dan 7 TSK untuk obstruction of justice. Seperti saya bilang tidak bolak-balik dari kejaksaan ke Polri. Hanya bolak sekali, langsung jadi," katanya.

Mahfud MD selain mengapresiasi Kejagung dan Polri dalam penanganan kasus ini juga mengajak masyarakat ikut mengawal sampai akhir atau di persidangan.

"Kita apreasi Polri dan Kejagung yang telah bekerja keras, tapi tetap teliti dan profesional. Polri secara simultan bukan hanya menangani pidananya tapi juga memproses kode etiknya, sementara kejagung meneliti secara cermat kelengkapan persyaratannya. Mari terus kita kawal agar bagus sampai akhir," kata Mahfud MD.

Baca juga: Kejagung Gabung Berkas Perkara Pembunuhan dan Obstruction of Justice oleh Ferdy Sambo

Sebelumnya Kejaksaan Agung menyatakan berkas perkara 5 tersangka kasus pembunuhan Brigadir J atau Brigadir Yosua Hutabarat, yakni Ferdy Sambo Cs, dinyatakan lengkap atau P-21.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Muda Umum (Jampidum) Fadil Zumhana mengatakan selain kasus pembunuhan Brigadir J dengan 5 tersangka yakni Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada E, Bripka Ricky dan Kuat Maruf dinyatakan lengkap, berkas perkara obstruction of justice dengan 7 tersangka juga sudah lengkap atau p-21.

Hal itu dikatakan Fadil Zumhana dalam konferensi pers kasus Ferdy Sambo Cs di Gedung Kejagung, Rabu (28/9/2022).

"5 berkas perkara ini telah memenuhi syarat formil dan materil, sehingga sudah dinyatakan lengkap. Dengan tersangka FS, PC, RE, RR dan KW," kata Fadil.

Sehingga ke depan ia meminta penyidik menyerahkan tersangka dan barang bukti untuk segera disidangkan.

"Penyidik menyerahkan tanggung jawab tersangka dan barang buki untuk disidangkan," katanya.

Baca juga: Kejaksaan Agung Nyatakan Berkas Perkara Lengkap, Ferdy Sambo Cs Segera Disidang

Sebab kata Fadil pihaknya akan menyusun surat dakwaan secara cepat agar proses persidangan segera bisa dilakukan.

"Karena kita menganut azas unsur sederhana, dan cepat," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved