Anies Baswedan Bikin Terobosan Sekolah Negeri di Jakarta akan Saling Terintegrasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan membuat terobosan dengan mengintegrasikan sekolah negeri di Jakarta agar antarpelajar bisa saling menghormati

Warta Kota/Indri Fahra Febrina
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengintegrasikan antarsekolah negeri di Jakarta seusai meresmikan SDN 08 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan sebagai sekolah net zero carbon. 

WARTAKOTALIVE.COM, PASAR MINGGU - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan rencananya akan mengintegrasikan antarsekolah negeri di Jakarta

Hal tersebut dinyatakan Anies usai meresmikan SDN 8 Ragunan sebagai sekolah net zero carbon di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

"Ada satu tempat yang sekolahnya itu beberapa. Lalu dibangun sebagai satu kesatuan. Jadi tidak dibangun terpisah-pisah, tapi dibangun satu kesatuan," ucapnya di lokasi pada Rabu (28/9/2022). 

Rencananya, orang nomor satu di DKI Jakarta itu bakal menghubungkan SD Negeri 8 Ragunan dan SMPN 41 Ragunan. 

Baca juga: Respon Anies Baswedan soal Dilaporkan ke Bawaslu Terkait Beredarnya Tabloid KBAnewspaper di Masjid

"Di samping masih ada sekolah yang lama, SMPN 41 Ragunan. Nantinya, SMPN 41 Ragunan juga akan direhab total dan bangunannya terintegrasi dengan bangunan ini (SDN 8 Ragunan). Jadi nanti antar anak itu bisa berinteraksi," imbuhnya. 

Anies mengungkapkan dampak dari pengintegrasian sekolah negeri menurutnya, antarpelajar dari berbagai jenjang sekolah dapat saling menghormati dan menghargai. 

"Tadi anda contoh satu tempat, di mana ada beberapa sekolah menjadi satu kesatuan ekosistem sekolah. Justru gini, kita membiasakan untuk saling menghormati, saling menghargai, dan tradisi-tradisi yang buruk seperti bullying juga harus dihentikan," tukasnya.

Baca juga: Hadirkan Gedung Sekolah Net Zero Carbon, Anies Baswedan Bikin Sejarah Baru di Dunia Pendidikan

Sebagai informasi tambahan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan empat sekolah negeri berbasis net zero carbon di Jakarta. Adapun seremoni peresmian tersebut berlangsung di SD Negeri 8 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

"Dengan mengucap Bismillah, pada hari ini Rabu 28 September 2022 Sekolah Dasar Negeri Ragunan 08, SDN Grogol Selatan 09,SDN Duren Sawit 14, dan SMA Negeri 96 Jakarta dengan ini secara resmi digunakan," ujar Anies di lokasi pada Rabu (28/9/2022).

Anies mengungkapkan keempat sekolah menjadi sekolah pertama di Jakarta yang berbasis net zero, sejalan dengan komitmen Jakarta menurunkan 30 persen pembuangan gas emisi di tahun 2030.

"Hari ini kita turut menjadi saksi peristiwa bersejarah. Tadi sudah diungkapkan bahwa hari ini kita di Jakarta resmi menjadi tempat pertama sekolah negeri memiliki net zero school, sekolah dengan konsep green building," ujarnya. (M35)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved