Berita Jakarta

4 Sekolah Negeri di Jakarta Direhab dengan Sistem Net Zero Carbon Habiskan Rp 126 Miliar

Empat sekolah negeri di Jakarta direvitaliasi dengan menghabiskan dana Rp 126 miliar. Dengan perhitungan Rp 30 miliar untuk 1 sekolah

Wartakotalive/Indri Fahra Febrina
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merehabilitasi total empat sekolah negeri di Jakarta. Tampak Gubernur Anies Baswedan meresmikan salah satu sekolah, Rabu (28/9/2022) 

WARTAKOTALIVE.COM, PASAR MINGGU - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta malakukan revitalisasi empat sekolah negeri di Jakarta. 

Keempat sekolah tersebut menjadi sekolah awal di Jakarta yang menerapkan konsep net zero carbon.

Diketahui, pembangunan ulang sekolah tersebut dimulai 2021 silam. 

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana mengungkapkan, total pembangunan keempat sekolah tersebut mencapai Rp126 Miliar. 

Adapun biaya rata-rata revitalisasi sekolah tersebut menelan Rp 30 Miliar. 

"Satu sekolah itu rata-rata sampai 20 miliar, tergantung luas bangunannya," ujar Nahdiana di SDN 8 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Rabu (28/9/2022). 

Baca juga: Anies Baswedan Revitalisasi Empat Pasar Tradisional agar Tak Hilang Ditelan Zaman

Di sisi lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal melanjutkan pembangunan sekolah negeri berbasis ramah lingkungan. 

Ia menargetkan 20 sekolah bakal menggunakan net zero carbon pada 2030 mendatang. 

"Ini kita baru mulai empat, nanti bertahap. Prinsip kami begini, dibuat dulu, dijadikan contoh semua melihat lalu yakini, ketika yakin maka penganggarannya pun menjadi lebih mudah," ujar Anies. 

Sebagai informasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan empat sekolah negeri berbasis net zero carbon di Jakarta. 

Adapun seremoni peresmian tersebut berlangsung di SD Negeri 8 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

"Dengan mengucap Bismillah, pada hari ini Rabu 28 September 2022 Sekolah Dasar Negeri Ragunan 08, SDN Grogol Selatan 09,SDN Duren Sawit 14, dan SMA Negeri 96 Jakarta dengan ini secara resmi digunakan," ujar Anies di lokasi pada Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Temuan Fraksi PDIP, Ada 10 Sekolah Negeri di Jakarta Diduga Lakukan Diskriminasi Pada Siswa

Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengungkapkan, keempat sekolah tersebut menjadi sekolah pertama di Jakarta yang berbasis net zero. 

Hal tersebut sejalan dengan komitmen Jakarta untuk menurunkan 30 persen pembuangan gas emisi di 2030 mendatang.

"Hari ini kita turut menjadi saksi peristiwa bersejarah. Tadi sudah diungkapkan bahwa hari ini kita di Jakarta resmi menjadi tempat pertama sekolah negeri memiliki net zero school, sekolah dengan konsep green building," ujarnya.

Peresmian keempat sekolah tersebut ditandai dengan penekanan telapak tangan Anies di layar sentuh. (M35)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved