Vaksinasi Covid19

WNA di Indonesia Kini Bisa Divaksin Covid-19, Wajib Punya KITAS, KITAP, Izin Tinggal, dan Paspor

Pemerintah kini memberikan vaksinasi Covid-19 bagi warga negara asing (WNA).

Editor: Yaspen Martinus
Warta Kota/Gilbert Sem Sandro
Vaksinasi Covid-19 bagi WNA tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/1368/2022 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Warga Negara Asing. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Pemerintah kini memberikan vaksinasi Covid-19 bagi warga negara asing (WNA).

Hal ini dilakukan sebagai upaya perlindungan masyarakat dari tertular Covid-19, serta menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

Keberhasilan program vaksinasi juga menjadi kunci bagi pemulihan ekonomi dan pariwisata, baik di tingkat nasional maupun pusat.

Semakin banyak dan semakin cepat masyarakat terlindungi, berbanding lurus dengan pemulihan kondisi ekonomi di daerahnya.

Vaksinasi Covid-19 bagi WNA tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/1368/2022 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Warga Negara Asing.

"Sebagai salah satu upaya kami untuk memastikan WNA yang tinggal atau menetap sementara dan permanen mendapatkan kemudahan akses vaksinasi."

Baca juga: Cari Second Opinion Pastikan Gubernur Papua Lukas Enembe Benar-benar Sakit, KPK Gandeng IDI

"Sekaligus juga untuk mencegah kemungkinan penularan," ujar Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril, Selasa (27/9/2022), dikutip dari laman kemkes.go.id.

WNA yang dimaksud adalah WNA dengan izin tinggal atau mempunyai Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS)/ Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

Pelaksanaan vaksinasi bagi perwakilan negara asing dan organisasi nirlaba internasional yang sedang bertugas di Indonesia, dikoordinasikan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang luar negeri.

Baca juga: Lukas Enembe Mengaku Punya Tambang Emas, KPK: Sampaikan di Hadapan Penyidik, Bukan di Ruang Publik

Sementara, pelaksanaan vaksinasi bagi warga negara asing lainnya dilakukan dengan mendaftar melalui sistem informasi satu data vaksinasi Covid-19, untuk mendapatkan e-ticket yang bisa didapatkan melalui situs PeduliLindungi.id

Jenis vaksin yang digunakan adalah yang sudah mendapatkan persetujuan penggunaan pada masa darurat (emergency use authorization), atau penerbitan nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

"WNA yang melakukan pendaftaran vaksinasi di Indonesia wajib memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS), Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), atau izin tinggal, dan nomor paspor sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan," jelas dr Syahril.

Baca juga: Tertawa Tanggapi Wacana Duet dengan Jokowi, Prabowo Subianto: Semua Kemungkinan Kita Hormati

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi WNA ini dimulai pada September 2022 di fasilitas pelayanan kesehatan atau pos pelayanan vaksinasi Covid-19, yang memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Pendaftaran vaksinasi dilakukan melalui web PeduliLindungi.id, untuk mendapatkan tiket vaksinasi."

"Pelaksanaan vaksinasi ini berlaku bagi WNA yang sama sekali belum mendapatkan vaksinasi di negaranya, WNA yang melanjutkan vaksinasi dosis berikutnya, sampai WNA yang ingin mendapatkan booster, terang dr Syahril. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved