F1H20 2023

Jadi Tuan Rumah F1H20, Luhut Binsar Pandjaitan Optimis Danau Toba jadi Seperti Mandalika

Luhut Binsar Pandjaitan mengaku optimis gelaran event dunia di Danau Toba, bisa sukses dan berkembangnya roda ekonomi di sana

Warta Kota/ Alfarizy Ajie Fadhilah
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, (tengah), Diana Kusumawati, Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR (kanan), Erick Tohir, Menteri BUMN (kiri) saat konferensi pers di kawasan Sarinah, Jakarta, Selasa (27/9/2022). Luhut optimis gelaran di Danau Toba ini akan menjadikan danau vulkanik terbesar di dunia akan menjadi seperti Mandalika 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Danau Toba resmi menjadi lokasi gelaran kejuaraan dunia perahu motor formula satu (F1H2O) tahun 2023.

Menatap hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan mengaku optimis gelaran event dunia di Danau Toba, Sumatera Utara itu bisa sukses.

Kesuksesan yang ia maksud adalah berkembangnya roda ekonomi di kawasan Danau Toba imbas dari gelaran prestisius itu, layaknya di Mandalika yang pernah menjadi gelaran MotoGP.

Hal itu diyakinkan Luhut karena akan semakin banyak turis lokal maupun asing yang mengunjungi wisata yang masuk dalam lima destinasi super prioritas di Indonesia itu.

"Saya kira setelah punya Mandalika dan sekarang punya F1H2O di Danau Toba, ini akan menarik lebih banyak turis di Indonesia," ujar Luhut saat konferensi pers di kawasan Sarinah, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Bicara soal kesiapan, Luhut mengatakan, saat ini pihaknya bersama Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia telah menjalankan beberapa proyek penunjang.

Baca juga: Pertama Kali Diadakan di Indonesia, Ini Perbedaan F1H20 di Danau Toba dan di Negara Lain

Pembangunan itu antara lain meliputi pembangunan dok untuk memfasilitasi tim pembalap.

"Kami akan melaksanakan pengerjaan seperti wet paddock, dry paddock, kemudian jalan akses menuju wet paddock," ujar Diana Kusumawati, Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR.

"Ada juga beberapa penataan kawasan. Untuk proses desain, boleh dibilang sudah 80-90 persen. Diharapkan pekerjaan ini di bulan Januari harus sudah selesai," sambungnya.

Baca juga: Indonesia Tuan Rumah F1H20 2023, Luhut Harap Danau Toba Bisa Seperti Mandalika

Luhut juga mengatakan, ajang ini akan dikontrak selama lima tahun dan diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung.

"Event ini akan kita coba untuk lima tahun kontraknya sehingga akan membuat kehidupan di Danau Toba itu seperti di Mandalika yang menjadi makin menarik," ujar Luhut.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved