Wisata Kepulauan Seribu

Wisata Kepulauan Seribu di Pulau Onrust yang Tidak Pernah Kenal Istirahat

Wisata Kepulauan Seribu di Pulau Onrust jadi destinasi yang berbeda dibanding pulau lainnya dimana dikenal sebagai pulau yang tidak pernah istirahat.

Pulau Seribu
Wisata Kepulauan Seribu di Pulau Onrust jadi destinasi yang berbeda dibanding pulau lainnya dimana dikenal sebagai pulau yang tidak pernah istirahat. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wisata Kepulauan Seribu di Pulau Onrust menjadi destinasi yang berbeda dibanding pulau-pulau lainnya di Kabupaten Kepulauan Seribu dimana dikenal sebagai pulau yang tidak pernah istirahat.

Seperti dilansir dari wikipedia.org nama 'Onrust' sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti 'Tidak Pernah Beristirahat' atau dalam bahasa Inggrisnya adalah 'Unrest'.

Sementara ada sumber lain mengatakan bahwa nama Onrust tersebut diambil dari nama penghuni pulau yang masih keturunan bangsawan Belanda, yaitu Baas Onrust Cornelis van der Walck.

Baca juga: Wisata Kepulauan Seribu di Pulau Bidadari, Ada Benteng Martello Peninggalan Belanda

Pada masa kolonial Belanda, rakyat sekitar menyebut pulau tersebut adalah Pulau Kapal karena di pulau ini sering sekali dikunjungi kapal-kapal Belanda sebelum menuju Batavia.

Sementara di dalam pulau juga terdapat banyak peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda dan sebuah rumah yang masih utuh dan dijadikan Museum Pulau Onrust.

Pulau Onrust yang merupakan salah satu pulau di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu letaknya berdekatan dengan Pulau Bidadari yang menjadi resor pariwisata.

Baca juga: Wisata Kepulauan Seribu, Kenal Lebih Jauh Pulau Pramuka yang Identik Elang Bondol

Selain itu Pulau Onrust, ada juga pulau-pulau lain seperti Pulau Cipir (Pulau Kahyangan) dan Pulau Kelor yang dibangun untuk menjadi pendukung pulau ini dan biasa dikunjungi wisatawan.

Wisatawan yang ingin menginjakkan kaki di Pulau Onrust dapat menggunakan speedboat reguler setiap harinya dari Dermaga Marina Ancol menuju ke Pulau Bidadari.

Alternatif lain para wisatawan juga bisa menaiki kapal nelayan yang berangkat dari Pelabuhan Muara Kamal untuk menuju Pulau Onrust yang menempuh waktu sekitar satu jam.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved