Universitas Indonesia

Universitas Indonesia Gelar Pengmas Tingkatkan Kemampuan Digital Marketing UMKM di Sumedang Selatan

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Universitas Indonesia di Kecamatan Sumedang Selatan itu digelar pada Jumat (16/9/2022).

Editor: Murtopo
istimewa
Universitas Indonesia melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) untuk meningkatkan kemampuan digital marketing pelaku UMKM di Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

WARTAKOTALIVE.COM -- Universitas Indonesia melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) untuk meningkatkan kemampuan digital marketing pelaku UMKM di Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Universitas Indonesia itu digelar pada Jumat (16/9/2022).

Ketua tim pengabdian masyarakat Universitas Indonesia Dr. Fuad Gani dalam pembukaan kegiatan ini mengatakan salah satu kelemahan UMKM kita saat ini adalah kurangnya pengenalan produk pada masyarakat luas.

Oleh karenanya ia menambahkan perlu dibuat pengembangan pengetahuan yang dimiliki pengelola UMKM, khususnya dibidang pemasaran.

Adanya kegiatan ini disambut dengan baik oleh Pemerintah Kecamatan Sumedang Selatan.

Camat Sumedang Selatan Dr. Marlina menjelaskan bahwa di setiap desa telah terbentuk kelompok UMKM dengan berbagai jenis produk UMKM.

Dalam kegiatan ini, ia juga mengikut sertakan perwakilan UMKM setiap desa.

Ia juga mengamini bahwa produk-produk UMKM di daerahnya masih kurang dalam hal pengemasan produk dan pemasarannya.

Ia berharap kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memberikan kemampuan baru pada pelaku UMKM di wilayahnya untuk membuat kemasan produk dan strategi pemasaran yang lebih baik.

Kegiatan ini berfokus pada peningkatan kemampuan pelaku UMKM dalam hal desain produk menggunakan aplikasi canva, pemasaran digital melalui Instagram Ads serta pengelolaan dokumen keuangan secara digital melalui aplikasi BukuKas.

Baca juga: Adanya Pandemi Covid-19 Bikin Smart City Universitas Indonesia Bahas Kualitas Udara dalam Ruangan

Pada akhir setiap sesi, peserta dengan antusias melakukan konsultasi untuk pengembangan produk dan usahanya.

Bahkan setelah kegiatan berakhir, beberapa peserta masih melakukan sesi konsultasi dengan Tim Pengabdi.

Baca juga: Universitas Indonesia Raih Sertifikat Akreditasi Unggul Sebagai Perguruan Tinggi 

Di akhir kegiatan Dr. Fuad Gani mengingatkan, dalam kondisi pasca pandemi seperti ini, pengembangan UMKM perlu didukung oleh Pemerintah dan seluruh pihak termasuk Universitas.

Sinergi antara pelaku UMKM, Pemerintah dan Universitas ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan, daya saing dan jangkauan dari produk-produk UMKM.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved