Pemberdayaan Disabilitas

PTC Berdayakan Sahabat Disabilitas untuk Mandiri dan Setara

PT Pertamina Training and Consulting dengan Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) memberikan wawasan yang aplikatif untuk disabilitas

Istimewa
Pelatihan barista bagi penyandang disabilitas oleh PT Pertamina Training and Consulting (PTC) melalui program TJSL dengan merangkul inklusi untuk memupuk semangat sahabat disabilitas menjadi lebih kuat dan berdaya saing. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Setara adalah sebuah makna yang begitu berarti bagi sahabat yang memiliki keterbatasan khusus. Dalam kekurangan yang dimiliki, tersimpan asa yang begitu besar untuk mendapatkan hak yang sama dalam pendidikan, pekerjaan, maupun dalam kemandirian secara ekonomi. 

Hal ini menjadi visi dan misi yang fundamental bagi PT Pertamina Training and Consulting (PTC) melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) merangkul inklusi untuk memupuk semangat sahabat disabilitas menjadi lebih kuat dan berdaya saing.

Melalui program pelatihan barista kopi disabilitas, PT Pertamina Training and Consulting berkolaborasi dengan Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) memberikan wawasan yang aplikatif untuk dapat dilanjutkan sebagai usaha yang berkelanjutan bagi sahabat disabilitas. 

Teuku Mirasfi selaku Direktur Utama PTC dalam siaran persnya, Senin (26/9/2022), mengatakan antusiasme para sahabat disabilitas yang begitu tinggi menjadi sebuah pelita bagi PTC untuk terus berkomitmen dalam menjalankan kegiatan TJSL yang merangkul inklusif.

Sejak tahun 2017, kata dia PTC melalui program TJSL memberikan perhatian kepada kelompok-kelompok inklusi disabilitas dengan berbagai latar kategori seperti autis, tunarungu, dan tunadaksa.

Pelatihan barista kopi untuk disabilitas merupakan tahun kedua bagi PTC untuk melanjutkan semangat pemberdayaan. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 19-21 September 2022 yang dilakukan secara daring maupun luring dengan sistem seleksi untuk menjaring penerima manfaat bantuan usaha. 

Baca juga: Mengenal lebih Dekat Kotak Menara, Komunitas Orangtua di Bekasi dengan Anak Disabilitas

Sebanyak 38 sahabat disabilitas terpilih dari kategori tunanetra low vision, tunarungu, dan tunadaksa untuk mengikuti pelatihan secara daring dan telah tersaring sebanyak 20 orang melalui sistem seleksi tertulis dan wawancara untuk mengikuti pelatihan langsung di Ko+labora Flexispace, Taman Sari, Jakarta Barat.

Dari total peserta tersebut, 10 peserta dari disabilitas tunarungu dan 9 peserta dari tunadaksa dan 1 peserta dari penyandang tunanetra low vision. Para sahabat tunanetra dibantu oleh dua orang interpretator dari JBI dalam menyimak materi. 

Pelatihan dibimbing oleh trainer dan praktisi kopi Humam Hasan selaku Head Barista dari Kopi Inspirasi, Fransisca Nathalia sebagai barista dan pemilik usaha Kedai Kopi Sasca, dan juga di dibantu oleh 1 asisten pelatih yaitu Aries Adryanto yang merupakan alumni pelatihan barista sahabat disabilitas PTC batch 2021 dan sedang merintis usaha Warkop Uhuyy.

Baca juga: From Zero to Hero, Kemensos Edukasi Gepeng, Lansia, Disabilitas dan ODGJ Jadi Wirausaha Mandiri

Materi yang diajarkan dalam pelatihan meliputi pengenalan alat barista dan pembuatan menu espresso, praktek penggunaan alat kopi manual dan pembuatan menu manual brew seperti V60, vietnam drip, aero press, dan french press.

Serta menu dasar seperti americano, long black, coffee latte, dan kopi susu kekinian. Selain pelatihan secara aplikatif, peserta juga diajarkan perhitungan modal usaha kopi.

Teuku Mirasfi yang memberikan sambutan hangat dan semangat bagi sahabat disabilitas.

“Pelatihan ini merupakan titik awal teman-teman untuk bisa berdaya secara mandiri dan bisa mengembangkan kapasitas teman-teman menjadi lebih kuat, sudah ada contohnya, salah satu alumni tahun sebelumnya, Mas Aries, sudah naik tingkat menjadi asisten trainer untuk pelatihan ini. Kami akan pantau dan bantu supaya para peserta dapat mandiri melalui berwiraswasta kopi," kata Teuku Mirasfi.

Menciptakan Trainer UMKM

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved