Pos Indonesia Terus ‘Tancap Gas’ Salurkan BLT BBM Hingga ke Daerah 3 T

Salah satu di antara daerah 3T yang didatangi petugas juru bayar dari Pos Indonesia adalah Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam.

Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Di Kecamatan Belakang Padang, petugas Pos Indonesia mengunjungi rumah keluarga penerima manfaat (KPM) untuk menyerahkan bantuan Rp500 ribu, dengan rincian BLT BBM Rp300 ribu (Rp150 ribu/bulan) dan bansos sembako senilai Rp200 ribu. 

WARTAKOTALIVE.COM — Para petugas lapangan PT Pos Indonesia (Persero) terus 'tancap gas' untuk menuntaskan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) hingga ke daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

Selama ini, daerah 3T dikenal penuh tantangan dengan kondisi geografis dan topografi berupa perairan maupun pegunungan.

Salah satu di antara daerah 3T yang didatangi petugas juru bayar dari Pos Indonesia adalah Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam.

Executive General Manager Pos Batam, Elan, menjelaskan penyaluran BLT BBM di Kota Batam telah mencapai 95 persen, atau telah disalurkan kepada 29.059 KPM.

"Kepulauan memiliki karakteristik yang harus kita khususkan pelayanan kepada KPM. Kami melakukan strategi percepatan dan memudahkan KPM menerima bantuan BLT BBM. Tim kami memiliki strategi mendekatkan diri dengan masyarakat," ujar Elan dalam pernyataan resminya, Senin (26/9/2022). 

Baca juga: Kevin Sanjaya Sudah Tidak Mau Dilatih Lagi, Coach Herry IP: Masih Banyak Anak Buah Saya yang Butuh

Baca juga: Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur, Pelajar SMK Dapat Pelatihan Barista dan Mengolah Kopi

Menurut Elan, Tim yang dibentuk tersebut terdiri dari 20 petugas Pos untuk melayani 10-12 pulau di tiga wilayah kecamatan. Mereka menggunakan moda transportasi air untuk menyalurkan bantuan.

Elan menambahkan, mekanisme penyaluran di wilayah terdepan mempunyai strategi khusus karena kerap terkendala sinyal. 

"Kami mitigasi dengan model offline tanpa mengurangi keabsahan validasi penerima bantuan," kata Elan.

Elan berharap kerja sama dan koordinasi yang sudah terjalin baik dengan Pemkot Batam, Dinas Sosial, kecamatan, kelurahan setempat, dan aparatur keamanan TNI/Polri dapat terus terjalin. 

"Sehingga memudahkan kami dalam menyalurkan bantuan kepada penerima," ujarnya.

Baca juga: Daftar Film Jepang Tersedih Hasil Rekomendasi Google, Cocok Disaksikan Bareng Keluarga, SiapkanTisu!

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Besok Selasa(27/9) Jakarta Timur Berpotensi Hujan Lebat Siang Hari

Di Kecamatan Belakang Padang, petugas Pos Indonesia mengunjungi rumah keluarga penerima manfaat (KPM) untuk menyerahkan bantuan Rp500 ribu, dengan rincian BLT BBM Rp300 ribu (Rp150 ribu/bulan) dan bansos sembako senilai Rp200 ribu.

"BLT BBM diserahkan untuk 2.900-an KPM yang menerima di 6 kelurahan. Semua sudah menerima BLT BBM yang didistribusikan oleh Pos Indonesia," kata Camat Belakang Padang, Kota Batam, Yudi Admadjianto.

Selain disalurkan secara langsung ke rumah KPM, petugas juru bayar juga menyalurkan melalui komunitas di tingkat kelurahan.

Cara ini, diakui Yudi Admadjianto, sangat memudahkan masyarakat dalam menjemput bantuan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved