Berita Nasional

Tumbuhkan Semangat Gotong Royong, Tani Center IPB Gandeng PC NU Klaten Gelar Sarasehan Mapaq Mongso

Tani Center IPB University bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Klaten, Jawa Tengah, menyelenggarakan kegiatan sarasehan, Minggu.

Dokumentasi Tani Center IPB
Tani Center IPB University bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Klaten, Jawa Tengah, menyelenggarakan kegiatan 'Sarasehan Mapag Mongso dan Wali Quthuban'. Kegiatan yang digelar Minggu (25/9/2022) ini sebagai rangkaian memperingati Hari Tani Nasional sekaligus penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pendampingan Teknologi Pertanian Biointensif. 

WARTAKOTA.COM, JAKARTA - Tani Center IPB University bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Klaten, Jawa Tengah, menyelenggarakan kegiatan 'Sarasehan Mapag Mongso dan Wali Quthuban'.

Kegiatan yang digelar Minggu (25/9/2022) ini sebagai rangkaian memperingati Hari Tani Nasional sekaligus penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pendampingan Teknologi Pertanian Biointensif.

"Peringatan ini sekaligus mengingatkan bahwa kekuatan utama petani adalah gotong-royong," kata Hermanu, Ketua Tani Center IPB, dalam siaran persnya yang diterima Wartakotalive.com, Minggu siang.

Baca juga: Peringati Hari Tani, Tani Center IPB Gelar Lomba Menulis dan Video Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Baca juga: Untuk Antisipasi Krisis Pangan Dunia, Pemerintah RI Terus Meningkatkan Produksi Pertanian Nasional

Hermanu mengatakan, Tani Center IPB University dengan berbekal kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa serta pengetahuan tentang pertanian ekologis, berkomitmen mendampingi petani.

Guru besar IPB ini mengingatkan, petani Indonesia akan dihadapan dengan berbagai tantangan di masa yang akan datang.

"Tantangan itu seperti dampak anomali iklim, ancaman serangan hama dan penyakit, ketidakpastian harga input dan harga jual, serta ketidakharmonisan kehidupan akibat gejolak sosial dan politik," ujar Hermanu.

Tani Center IPB University bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Klaten, Jawa Tengah, menyelenggarakan kegiatan 'Sarasehan Mapag Mongso dan Wali Quthuban'. Kegiatan yang digelar Minggu (25/9/2022) ini sebagai rangkaian memperingati Hari Tani Nasional sekaligus penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pendampingan Teknologi Pertanian Biointensif.
Tani Center IPB University bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Klaten, Jawa Tengah, menyelenggarakan kegiatan 'Sarasehan Mapag Mongso dan Wali Quthuban'. Kegiatan yang digelar Minggu (25/9/2022) ini sebagai rangkaian memperingati Hari Tani Nasional sekaligus penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pendampingan Teknologi Pertanian Biointensif. (Dokumentasi Tani Center IPB)

Acara tersebut menjadi contoh bagaimana Tani Center bekerja bersama petani dan masyarakat membangun kebersamaan.

Ketua PCNU Kabupaten Klaten Mujiburrahman mengapresiasi Tani Center IPB yang telah menjalin kerjasama untuk kebaikan ini.

Di acara ini digelar pula ritual Wali Qutuban yang merupakan perwujudan ketaqwaan terhadap Tuhan serta memberikan perlindungan dan bimbingan dalam menghadapi ancaman bencana alam, sosial dan ekonomi.

Baca juga: Hari Tani Nasional, Tidak Saja Menyuarakan Suara Petani, Juga Beri Penghargaan Pahlwan Agraria

Baca juga: Kelompok Tani Rorotan Keluhkan Lahan yang Menipis Hingga Tingginya Biaya Operasional Kepada Ariza

Melalui doa, kata Mujiburrahman, menjadi bekal utama dalam menyongsong datangnya musim tanam atau mapag mongso.

"Kegiatan ini diikuti dengan kerja gotong royong dalam penerapan teknologi adaptasi berbasis pertanian biointensif yang difasilitasi oleh Tani Center IPB," ujar Mujiburrahman.

Acara ini menghadirkan pula mobil Klinik Tanaman Departemen Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian IPB University ke lokasi acara di Dukuh Ngemplak, Desa Kadilanggon, Kecamatan Wedi, Klaten.

Baca juga: Populasi Belalang Kembara Meningkat, Tani Center IPB Gagas Solidaritas Bantu Warga Sumba Timur

Baca juga: Bahas Pertanian di Masa Depan, Tani Center IPB Gelar Webinar Merajut Kolaborasi Mengabdi Pertiwi

Bonjok Istiaji, Kepala Klinik Tanaman Departemen Proteksi Tanaman IPB University, menyatakan, kehadiran mobil Klinik Tanaman IPB diharapkan menjadi sarana bagi sedulur tani untuk konsultasi.

"Konsultasikan apapun terkait permasalahan hama dan penyakit budidaya pertanian langsung ke ahlinya," katanya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved