Uji Kompetensi Wartawan

Sebanyak 33 Pewarta Foto Indonesia Dinyatakan Kompeten Oleh Dewan Pers

Menutup UKPFI, Ketua Umum PFI Reno Esnir memberikan pujian kepada para peserta dan penguji yang hadir.

Penulis: Alex Suban | Editor: Alex Suban
Warkotalive.com/Alex Suban
Penguji Kompetensi PFI Hermanus Prihatna (kedua dari kiri) memberikan buku kepada Anggota Dewan Pers P Tri Agung Kristanto bersama dari kiri ke kanan, bersama denga perserta UKW dari PFI, RRI dan IJTI saat penutupan Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan Dewan Pers di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, pada Sabtu (24/9/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sebanyak 33 wartawan foto dari 36 orang yang tercatat mengikuti Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia dinyatakan kompeten dalam kegiatan Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan Dewan Pers di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, pada Sabtu (24/9/2022).

Uji kompetensi ini diselenggarakan oleh Dewan Pers dengan melibatkan konstituennya sebagai lembaga penguji kompetensi wartawan, yaitu Pewarta Foto Indonesia (PFI), Ikatan Jurnalis Televisi Indoesia (IJT) dan Radio Republik Indonesia (RRI) berlangsung selama dua hari sejak Jumat (23/9/2022).

Anggota Dewan Pers, Tri Agung Kristanto memberikan apresiasi kepada seluruh peserta dan para penguji UKPFI.

Penguji Kompetensi PFI Gino Franki Hadi (kiri) memeriksa berkas Uji Kompetensi Wartawan yang diikuti anggota Pewarta Foto Indonesia yang diselenggarakan Dewan Pers di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, pada Sabtu (24/9/2022).
Penguji Kompetensi PFI Gino Franki Hadi (kiri) memeriksa berkas Uji Kompetensi Wartawan yang diikuti anggota Pewarta Foto Indonesia yang diselenggarakan Dewan Pers di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, pada Sabtu (24/9/2022). (Warkotalive.com/Alex Suban)

Ia manyatakan rasa salutnya dalam pidato penutupan.

“Saya salut dengan semangat teman-teman pewarta foto dalam mengikuti uji kompetensi ini. Saya melihat nama-nama yang sudah menonjol di dunia media, namun dengan rendah hati masih mau ikut uji kompetensi jenjang muda,” ungkap Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas ini.

Sementara itu salah satu kegiatan ini, Uji Kompetensi PFI diisi dengan membahas modul Mengisi Metadata dan Membangun Jejaring.

Para peserta uji menghubungi sejumlah narasumber untuk membuktikan adanya hubungan baik antara pewarta foto dan narasumber yang dipotret.

Simak Video 

Peserta uji juga diminta untuk bisa mengisi metadata foto dengan baik dan sesuai dengan kaidah-kaidah foto jurnalistik.

Penguji Zarqoni Maksum mewawancarai salah satu peserta, Hafidz Mubarak, mengenai etika fotojurnalistik dan undang-undang pers tentang salah satu contoh foto yang diberikan penguji.

Hafidz mencontohkan foto pemain voli pantai yang tampak terbuka di bagian belakangnya dan keterhubungannya dengan etika foto.

UKPFI kali ini juga menjadi sejarah baru bagi dunia Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Dewan Pers.

Pasalnya dalam UKPFI kali ini, untuk pertama kalinya para fotografer lepas (freelance) bisa mengikuti ujian.

Sebelumnya, UKW belum pernah menguji wartawan lepas, baik tulis, video, radio, dan foto.

Baca juga: Pewarta Foto Indonesia Gelar Uji Kompetensi, Tiga Pewarta Foto Tribun Network Dinyatakan Kompeten

Baca juga: Perdana, Uji Kompetensi Wartawan Digelar Pewarta Foto Indonesia, 13 Peserta Kompeten

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved