Berita Daerah

Lahan Dua Hektar Dihibahkan untuk Bangun Gedung Papua Youth Creative Hub

Tanah yang dihibahkan berlokasi di Kelurahan Sowi, Distrik Manokwari Selatan, Kab. Manokwari, atau tepatnya di eks Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

Editor: Mohamad Yusuf
Istimewa
Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat menghibahkan lahan seluas 2 hektar kepada Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia untuk dibuatkan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Manokwari. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat menghibahkan lahan seluas 2 hektar kepada Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia untuk dibuatkan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Manokwari.

Tanah yang dihibahkan berlokasi di Kelurahan Sowi, Distrik Manokwari Selatan, Kab. Manokwari, atau tepatnya di eks Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Distrik Manokwari Selatan.

"Hibah tanah untuk kegiatan Papua Muda Inspiratif. Tanah yang dihibahkan seluas 2 hektar," kata Wakil Bupati Kab. Manokwari Edi Budoyo dalam keterangan tertulisnya Minggu (25/9/2022).

Baca juga: Pj Gubernur Papua Barat dan Pemda Manokwari Dukung Program Papua Muda Inspiratif untuk Warga

Baca juga: BIN: Sampai Saat Ini Dokumen Rahasia Presiden Jokowi Masih Aman

Menurut Edi, saat ini lahan yang akan dihibahkan masih dalam proses sertifikasi tanah oleh dinas terkait. Edi menargetkan proses administrasi ini selesai kurang dari satu bulan kedepan.

Edi berharap dengan dibangunnya Gedung PYCH di Manokwari, para pemuda dapat melakukan kegiatan inspiratif, positif, menambah keterampilan dan soft skill mereka, demi menunjang percepatan kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat.

Kordinator PMI Wilayah Papua Barat, Simon Tabuni menyambut baik adanya pembangunan PYCH di Manokwari. Ia berterima kasih kepada BIN, Pemda dan semua pihak yang mendorong terwujudnya pembangunan tersebut.

"Itu luar biasa sekali kalau ada PYCH di Papua Barat. Kebetulan PMI ada di 9 kabupaten dan 1 kota di Papua Barat," kata Simon didampingi Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Gde Made Kartikajaya di Sekretariat PMI Papua Barat, daerah Amban, Distrik Manokwari Barat.

Menurut Simon, Gedung PYCH itu akan menjadi wadah pengembangan diri bagi anak muda di seluruh Papua, khususnya di Papua Barat. Nantinya bakal ada berbagai pelatihan untuk bisa memfasilitasi talenta-talenta muda agar bisa meningkatkan sumber daya manusianya.

Simon menyatakan PMI dan BIN totalitas tingkatkan ekonomi masyarakat Papua dan Papua Barat. Hal itu sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat.

Ditinjau Langsung BIN

Pembuatan Gedung PYCH di Manokwari ini digagas oleh Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, SH, MSi dan Presiden Joko Widodo, serta disambut antusias oleh pemuda dan masyarakat Papua.

Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Gde Made Kartikajaya meninjau langsung lokasi lahan yang dihibahkan. Hadir mendampingi anak PMI, Lurah di Kelurahan Sowi, Distrik Manokwari Selatan, Jeckson Ullo dan tokoh lainnya. Jeckson menyatakan dukungannya terhadap pembangunan Gedung PYCH di Manokwari.

Baca juga: BIN Sebut Humas Berperan Mengawal Program dan Kebijakan Pemerintah di Papua

Baca juga: VIDEO : Viral Data Nama Agen Intelejen diduga Bocor ke Publik, Begini Tanggapan Jubir BIN

Sekedar informasi, rencananya Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Prof Budi Gunawan, SH, MSi bersama dengan Presiden Ir. H. Joko Widodo akan membangun Gedung PYCH di 7 wilayah adat di Provinsi Papua dan Papua Barat, serta 1 Gedung PYCH di Provinsi Maluku.

Rencana pembangunan itu di dukung oleh semua institusi dan lembaga, serta disambut antusias oleh para pemuda dan masyarakat.

Saat ini, telah dibangun Gedung PYCH di Kab. Jayapura, Provinsi Papua. Pembangunan diatas lahan 1,5 hektar itu telah mencapai 84,137 persen. Rencananya gedung ini ditargetkan rampung dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Oktober 2022 atau paling lambat pada bulan Desember Tahun 2022. Sementara Gedung PYCH di Manokwari, baru persiapan lahan.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved