Berita Daerah

Alasan dan Tujuan Sekretariat Kolaborasi Indonesia Mendirikan Posko Saksi Demokrasi di Tiga Provinsi

Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) mendirikan Posko Saksi Demokrasi di tiga provinsi yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Editor: Panji Baskhara
Istimewa
Posko Saksi Demokrasi Provinsi Jawa Tengah, dipusatkan di Desa Kertosono, Banyuurip, Kabupaten Purworejo diresmikan pada Minggu (25/9/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM - Sekjen Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) Raharja Waluya Jati mengakui pihaknya mendirikan tiga posko.

Dimana ketiga posko bernama Posko Saksi Demokrasi tersebut didirkan di tiga provinsi diantaranya Jawa Tengah, Jawa Barat serta di Jawa Timur.

Ada alasan tersendiri mengapa ketiga Posko Saksi Demokrasi tersebut didirkan oleh SKI.

Dirinya pun membahas mengenai kualitas demokrasi dalam Pemilu dan Pilpres 2024 nanti.

Dimana sesungguhnya tidak cukup dukur dari tingginya angka pencoblos dalam gawe politik itu.

Kualitas demokrasi, kata dia, diukur dari sejauh mana substansi perdebatan dalam pemilu.

Dimana dapat merefleksikan keinginan rakyat guna mendapat jaminan perikehidupan lebih baik di masa depan.

Menurutnya kembali, hasil pengumpulan aspirasi rakyat yang dilakukan SKI mengindikasikan adanya keinginan rakyat untuk ambil bagian secara langsung, dan aktif dalam proses demokrasi.

Selama ini, tambah dia, terdapat keprihatinan bahwa proses demokrasi yang ada belum mampu memperjuangkan perikehidupan rakyat sendiri.

Padahal sesuai dengan garis konstitusi, demokrasi Indonesia seharusnya jadi alat untuk menjamin terlaksananya perikemanusiaan dan peri keadilan.

”Untuk itulah, SKI mengembangkan suatu prakarsa demokrasi, yang disebut sebagai saksi demokrasi. Rakyat harus terlibat sejak dalam penggodogan atau pencarian sosok yang dipandang dapat memimpin bangsa,"

"Sebagai salah satu jalan untuk meraih kembali cita-cita luhur kemerdekaan,” ujar Raharja Waluya Jati, Minggu (25/9/2022) dalam keterangan tertulisnya.

Selain di Jawa Tengah, Posko Saksi Demokrasi Provinsi juga diluncurkan secara bersamaan di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Kegiatan di kedua provinsi itu dipusatkan di Desa Sukaasih, Singaparna, Tasikmalaya dan Desa Totosan, Batang-Batang, Sumenep.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved