Film

Ada 54 Film Pilihan yang Siap Dinilai Juri Awal Festival Film Wartawan (FFWI) 2022, Film Apa Saja?

Panitia telah memilah 54 judul film pilihan dari 123 judul film Indonesia untuk dinilai di Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XII 2022. Apa saja?

istimewa
Panitia telah memilah 54 judul film pilihan dari 123 judul film Indonesia untuk dinilai di Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XII 2022. Film apa saja yang siap dinilai juri wartawan? 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Panitia memilah 54 judul film pilihan dari 123 judul film Indonesia untuk dinilai di Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XII 2022.

Film-film pilihan Festival Film Wartawan Indonesia 2022 ini tayang sejak 1 Oktober 2021 hingga 30 September 2022 di bioskop maupun platform Over The Top (OTT). 

Daftar 54 judul film tersebut telah diserahkan Ketua Bidang Penjurian FFWI 2022 Yan Widjaya ke Ketua Juri Awal Irwan Kintoko di Hotel Swiss Bellinn, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: Festival Film Wartawan Indonesia 2022 Siap Digelar, Juri Wartawan Nilai 123 Judul Film Indonesia

Baca juga: Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XII Diluncurkan Bersamaan Peringatan Hari Film Nasional 2022

Sebanyak 54 film pilihan tersebut terbagi dalam tiga genre yakni drama (30 film), komedi (13 film) dan horor (11 film).

Di FFWI XII 2022 ini belum disertakan film genre laga.

Film laga yang ditayangkan dalam kurun waktu tersebut kurang memenuhi syarat minimal Festival Film Wartawan Indonesia, yakni lima film.

Panitia telah memilah 54 judul film pilihan dari 123 judul film Indonesia untuk dinilai di Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XII 2022. Apa saja?
Panitia telah memilah 54 judul film pilihan dari 123 judul film Indonesia untuk dinilai di Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XII 2022. Apa saja? (istimewa)

Film kategori laga yang masuk dalam perhitungan panitia FFWI 2022 hanya empat film, dari semula diprediksi ada 11 judul film laga.

"Tiga film laga, yaitu Clandeistein, Kamu Tidak Sendiri dan Paranoia dialihkan ke genre lain setelah didiskusikan melalui perdebatan sengit," kata Yan Widjaya.

Sementara tiga judul film laga yang lain, yaitu Sri Asih, Ahsiap Man dan Preman baru ditayangkan di bioskop setelah batas penilaian Festival Film Wartawan Indonesia.

Baca juga: Merayakan Film Indonesia, Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XII Siap Digelar

Baca juga: Festival Film Wartawan Indonesia Kembali Digelar, Sejumlah Perubahan Positif Dilakukan, Apa Saja?

Tiga film tersebut baru akan dinilai di Festival Film Wartawan Indonesia 2023.

"Lantaran jumlah film laga masih di bawah lima judul sebagai ambang batas, maka genre laga belum bisa diikutsertakan  dalam FFWI 2022," ujar Yan Widjaya.

Kasus ini sama dengan genre  film animasi yang baru menghasilkan tiga judul, yakni Nussa, Si Juki Anak Kosan dan Si Juki Anak Kosan 2.

Vino Bastian saat menerima Piala Gunungan di Malam Penganugerahan Festival Film Wartawan XI yang digelar di Bioskop XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/10/2021) malam. Vino Bastian terpilih sebagai Aktor Utama Pria Terbaik Genre Komedi lewat film Sabar Ini Ujian.
Vino Bastian saat menerima Piala Gunungan di Malam Penganugerahan Festival Film Wartawan XI yang digelar di Bioskop XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/10/2021) malam. Vino Bastian terpilih sebagai Aktor Utama Pria Terbaik Genre Komedi lewat film Sabar Ini Ujian. (Wartakotalive.com/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

Sementara film genre thriller atau film tegang, Festival Film Wartawan Indonesia tahun ini digabungkan dengan genre horor, atau yang lebih kental nuansanya, bisa juga ke genre drama.  

Sebagai contoh film Kadet 1947 yang berlatar perang ini, atas berbagai pertimbangan dimasukkan dalam genre drama dan bukan film laga.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved