Kenaikan Harga BBM

Peringati Hari Tani Nasional, Ribuan Buruh Unjuk Rasa di Patung Kuda Menuntut 3 Hal ini

Partai Buruh dan Serikat Petani Indonesia (SPI) lalukan aksi unjuk rasa di Kawasan Patung Kuda Arjuna, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9/2022).

Wartakotalive/Alfian Firmansyah
Ribuan buruh melakukan unjuk rasa, Sabtu (24/9/2022) di Patung Kuda, Monas 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Peringati Hari Tani Nasional 2022, sejumlah elemen buruh lakukan unjuk rasa di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9/2022).

Partai Buruh dan Serikat Petani Indonesia (SPI) lalukan aksi unjuk rasa di Kawasan Patung Kuda Arjuna, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9/2022).

Pantauan wartawan Wartakotalive.com, sekira pukul 10.45 WIB, massa aksi buruh yang tergabung dengan para petani, sudah tiba di Kawasan Patung Kuda, untuk melakukan aksi unjuk rasa.

Terlihat para buruh dan petani membawa sejumlah atribut, seperti para petani, membawa hasil alamnya ada buah pisang, kelapa dan membawa orang-orangan sawah. 

Sementara itu, para buruh membawa bendera yang mereka kibarkan berwarna merah bertulisan "Partai Buruh", sedangkan para petani bertuliskan "lindungi kami para petani".

Baca juga: Massa Buruh yang Long March Dari Puncak Bogor Tiba di Patung Kuda Jakpus, Demo Tolak Kenaikan BBM

Dalam aksi unjuk rasa ini, para butuh dan petani ini memiliki tiga tuntutan, yaitu

Pertama, Jalankan reforma  agraria dan kedaulatan pangan

Kedua tolak kenaikan harga BBM, dan

Ketiga tolak Omnibus Law.

Pengamanan 

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin menyampaikan, sebanyak 1.700 personel untuk pengamanan aksi unjuk rasa tersebut. 

Komarudin menjelaskan, saat ini masih menunggu kedatangan massa aksi butuh yang menuju Kawasan Patung Kuda. 

"Estimasi massa yang datang masih kami tunggu, sementara yang sudah ada sekitar 300, saya belum tau ada yang datang lagi atau tidaknya," ucap Komarudin saat dihubungi, Sabtu (24/9/2022).

Sementara itu, Komarudin memberikan imbauan kepada massa aksi agar tidak menggangu aktivitas masyarakat lainnya. 

"Hari ini libur akhir pekan, kami imbauan kepada massa aksi, untuk menggunakan tempat yang sudah di siapkan di Jalan Medan Barat, sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat lain," ucap Komarudin. 

Diketahui, massa aksi tersebut datang dari gerakan Partai Buruh yang menuntut reforma agraria sejati, dan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). 

Kemudian, titik kumpul aksi berada Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat mulai pukul 10.00 WIB. 

"Sekitar 3.000 buruh massa aksi dari petani dan buruh akan hadir di Istana Negara," ujar Presiden Partai Buruh Said Iqbal. 

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved