Berita Jakarta

KKP Bersama Kalikan Gelar KALIKAN Expo 2022 untuk Bangun Industri Pasar Ikan Air Tawar Indonesia

Kalikan dengan KKP gelar KALIKAN Expo 2022 untuk bangun industri pasar ikan air tawar Indonesia. Nilai ekspor ikan hias fluktuatif.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Kalikan.id
KKP Bersama Kalikan Gelar KALIKAN Expo 2022 untuk Bangun Industri Pasar Ikan Air Tawar Indonesia 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - KKP bersama Kalikan gelar KALIKAN Expo 2022 untuk bangun industri pasar ikan air tawar Indonesia.

Selama pandemi Covid-19, demam ikan hias sempat ramai di masyarakat. Baik sekadar memelihara sebagai hobi, maupun membudidayakannya secara rumahan.

Selain itu, kerajinan akuarium lengkap dengan asesorisnya dan juga seni menghias akuarium juga naik daun untuk kalangan pasar genetik ikan air tawar. 

Baca juga: Kompetisi Ikan Cupang dan Pameran Ikan Hias akan Digelar di Trans Studio Mall Bandung

Nilai ekspor ikan hias pun terus mengalami perkembangan fluktuatif dari tahun ke tahun dalam enam tahun terakhir.

Indonesia adalah negara kedua terbesar di dunia yang mempunyai sumber daya genetik ikan air tawar sebanyak 1300 spesies. 

Di sisi pasar domestik, Indonesia juga memiliki pasar luas. Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan  Republik Indonesia yang mencatat pergerakan lalu lintas ikan hias domestik meningkat.

Berdasarkan data BPS yang diolah Ditjen PDSPKP, nilai ekspor ikan hias Indonesia mengalami peningkatan periode 2017 – 2021.

Pada tahun 2017 memiliki nilai USD27,6 juta menjadi USD34,5 juta pada tahun 2021. Ekspor ikan hias tahun 2021 didominasi ikan hias air tawar sebesar 80,63 persen atau senilai USD27,8 juta.

Atas dasar potensi tersebut, KALIKAN hadir sebagai wadah bagi para pecinta, pembudidaya, UMKM dan komunitas ikan hias Indonesia. 

KALIKAN dengan visi membuat Indonesia menjadi unggul di sektor ikan hias air tawar di pasar nasional maupun internasional.

Baca juga: CARA Budidaya Ikan Hias Black Ghost di Rumah dengan Halaman Terbatas

Hal tersebut dilakukan dengan cara KALIKAN menciptakan digital platform, dan Marketplace ikan hias air tawar.

Kemudian menjembatani para pengusaha dan UMKM ikan hias melalui APIHATI (Asosiasi Pengusaha Ikan Hias Air Tawar Indonesia) untuk penguatan ekonomi UMKM Indonesia yang berkelanjutan.

Baik itu sebagai brand atau merek pusat keunggulan Ikan Hias Air Tawar,  yang berkolaborasi dengan semua pelaku ekosistem dalam rangka penguatan ekonomi UMKM Indonesia yang berkelanjutan, terutama di bidang perdagangan air tawar. 

Sedangkan rencana jangka panjang, secara fisik KALIKAN akan membangun KALIKAN PARK dengan tujuan untuk pemberdayaan teknologi baru dalam bisnis ikan hias. 

Baca juga: Pedagang Ikan Hias Ketuk Hati Pejabat Daerah dan Pusat untuk Membantu Mengembangkan Pasar

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved