Karate

Kejurnas Shokaido 2022 Resmi Digelar, Jadi Ajang Seleksi Karateka ke Kejuaraan Dunia

Kejurnas yang memperebutkan Piala Ketua MPR digelar sebagai ajang seleksi karateka nasional untuk tampil di Kejuaraan Dunia di Tokyo tahun depan.

Editor: Rendy Renuki
HO/Istimewa
Kejurnas Shokaido 2022 di GOR Kartika, Komplek Kostrad, Cilodong, Depok, digelar sebagai seleksi karateka untuk tampil di Kejuaraan Dunia. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Shokaido 2022 yang digelar di GOR Kartika, Komplek Kostrad, Cilodong, Depok, Jawa Barat, resmi dibuka, Sabtu (24/9/2022). 

Sebanyak 900 karateka dari 16 provinsi ikut bertarung pada kategori kata (seni) dan kumite (tarung) di Kejurnas Shokaido 2022.

Kejurnas yang memperebutkan Piala Ketua MPR digelar sebagai ajang seleksi karateka nasional untuk tampil di Kejuaraan Dunia Shotokan Karate-Do International Federation (SKIF) di Tokyo, 2023 mendatang.

Namun sebelum bisa tampil di SKIF 2023, para pemenang dari Kejurnas Shokaido 2022 ini akan dikirimkan terlebih dahulu ke Kejurnas Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) di Padang, Sumatera Barat, 5-8 Oktober mendatang.

"Untuk ikut kejurnas FORKI di Padang, tentu kita akan ambil para juara 1. Namun kita akan teliti lagi untuk meraih peluang mendapat medali," kata Rocky Pesik selaku Ketua Pelaksana Kejurnas Shokaido 2022.

"Setelah Padang, kami memiliki target untuk mengikuti kejuaraan dunia SKIF di Tokyo. Terakhir kami mengirimkan atlet di SKIF pada 2018 sebanyak 15 orang di Ceko dan kami meraih dua medali emas, satu perunggu."

"Harapan kami dengan ikut di kejuaraan dunia di Tokyo nanti minimal kita bisa mempertahankan jumlah medali dan kalau bisa kami tingkatkan lebih dari dua emas," tutur Rocky.

Seperti diketahui, Kejurnas Shokaido kembali digelar di tahun ini setelah sebelumnya vakum akibat pandemi Covid-19. Terakhir kali Kejurnas Shokaido menggelar pertandingan pada 2018 lalu.

Sementara itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap Kejurnas ini dapat melahirkan karateka Shokaido yang bisa bersaing di level internasional.

Dia pun menyampaikan para karateka bisa terus menjaga semangat tanding dan sportivitas apapun hasil yang didapatkan dari Kejurnas Shokaido 2022.

Baca juga: Hasil Indonesia vs Curacao: Timnas Menangi Pertemuan Pertama di GBLA

"Menang-kalah bukan utama. Kalian harus tetap bangga karena telah berada di sini. Kalian sebagai karatedo seperti merebus air. Harus terus dipanaskan. Jangan sampai dingin, karena tidak akan ada gunanya kalau sudah dingin," ujar pria yang karib disapa Bamsoet.

"Selamat bertanding, kita bangga melihat anak-anak kita terus semangat," tutur Bamsoet yang pada kesempatan itu turut mendapat penghargaan Sabuk DAN VI dari Perguruan Shokaido.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved