UMKM Halal Hub Bertekad Bawa Produk Lokal Ikan Patin Hingga Batik Dikenal di Dunia

UMKM Halal Hub yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kampar bekerja sama dengan Global Halal Hub akan menjadikan produk lokal bisa dikenal di dunia.

Istimewa
UMKM Halal Hub yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kampar bekerja sama dengan Global Halal Hub akan menjadikan produk lokal dapat dikenal secara luas di seluruh dunia. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - UMKM Halal Hub yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kampar bekerja sama dengan Global Halal Hub akan menjadikan produk lokal dapat dikenal secara luas di seluruh dunia.

Pj Bupati Kampar Kamsol mengatakan ekosistem pengembangan produk halal berbasis platform digital itu diharapkan menjadi motor sinergi dan kolaborasi pengembangan.

"Kami mempunyai produk terkenal yaitu ikan patin, batik kampar dan lain-lain sehingga produk-produk lokal Kampar ini bisa dikembangkan dan dipasarkan di pasar ekspor,” katanya berdasar keterangan tertulis, Kamis (23/9/2022).

Hal itu agar produk lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menguasai pasar global. Selain itu dalam rangka pembinaan UMKM ada kegiatan yang dilakukan yaitu permodalan dan pembinaan.

Baca juga: Polri Siap Hadapi Langkah Hukum Ferdy Sambo yang Meradang Karena Dipecat Tidak Hormat

"UMKM sebagai pilar ekonomi, melalui pelatihan serta pembinaan, bisa memanfaatkan digitalisasi agar bisa mengembangkan UMKM yang berbasis digitalisasi dan Globalisasi," tambahnya.

Sementara itu CEO Goorita, Yuwono Wicaksono, memaparkan bahwa UMKM Halal Hub Kampar adalah program nyata sinergitas antara pihak swasta dan juga unsur pemerintah daerah.

Goorita melihat potensi produk pertanian dan perkebunan yang dihasilkan UMKM di daerah ini dapat dioptimalkan sehingga bisa bersaing di pasar lokal dan global.

UMKM Halal Hub Kampar diharapkan jadi salah satu langkah strategis terintegrasi yang akan jadi kekuatan ekonomi daerah Kampar dan nasional serta andalan pengembangan UMKM dan produk halal di pasar global.

Baca juga: Bank DKI Salurkan Bantuan untuk Pembangunan Gedung Yayasan Media Amal Islami Jakarta

"Kami siap membantu dan membawa produk lokal Kampar menjadi raja dan motor penggerak produk lokal hingga mendunia," paparnya.

Ketua Koperasi Syariah Digital UMKM Desa Kreatif (Kopsyah Dudektif), Muizin Firmansyah mengatakan saat ini pihaknya sedang melengkapi persyaratan untuk membuat badan hukum.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat sinergitas dengan pihak swasta bisa kita selesaikan dengan baik sehingga Koperasi Syariah Digital UMKM Desa Kreatif ini bisa difungsikan dengan segera dan memberikan hasil yang nyata," ujarnya.

Kampar UMKM Halal Hub ini adalah program berkesinambungan agar mensejahterakan warga Kampar dan memberikan kontribusi nyata kepada Indonesia menuju produsen produk halal dunia 2024.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved