Polisi Tembak Polisi

Polri Siap Hadapi Langkah Hukum Ferdy Sambo yang Meradang Karena Dipecat Tidak Hormat

Ferdy Sambo berencana melakukan langkah hukum selanjutnya karena tidak terima dipecat tidak dengan hormat oleh Polri.

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Budi Sam Law Malau
Youtube
Ferdy Sambo Jalani Rekonstruksi. Kuasa hukum Ferdy Sambo berencana untuk menyiapkan langkah hukum usai pengajuan banding kliennya dalam sidang banding ditolak. Ini berarti Ferdy Sambo dipecat tidak dengan hormat dari Polri karena melakukan pelanggaran berat terkait pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Kuasa hukum Ferdy Sambo berencana untuk menyiapkan langkah hukum usai pengajuan banding kliennya dalam sidang banding ditolak. Ini berarti Ferdy Sambo dipecat tidak dengan hormat dari Polri karena melakukan pelanggaran berat terkait pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Sidang banding Ferdy Sambo atas putusan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) ditolak oleh majelis sidang kode etik dan profesi Polri (KKEP), Senin (19/9/2022) lalu. Perbuatan Ferdy Sambo terkait pembunuhan Brigadir J juga dianggap sangat tercela.

Menanggapi langkah hukum selanjutnya yang akan dilakukan Ferdy Sambo, Polri menyatakan siap termasuk apabila menggugat Polri ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Ya tentu, dari Biro Wabprof dan Divkum siap," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, dalam keterangannya pada Jumat (23/9/2022).

Dedi mengatakan, putusan Polri untuk menolak sidang banding Ferdy Sambo usai dipecat atau PTDH merupakan hasil yang sifatnya mengikat dan final.

Sedangkan dengan mengajukan gugatan ke PTUN, ia menambahkan hal tersebut adalah hak setiap warga negara.

Baca juga: Ferdy Sambo Sudah Terima Petikan Putusan Pemecatan dari Polri, Jokowi Tak Ikut Mengesahkan

"Hasil keputusan banding Irjen Pol FS sudah final dan mengikat," ujarnya.

"Untuk pengajuan PTUN itu hak konstitusional setiap warga negara," sambung Dedi.

Diwartakan sebelumnya, kuasa hukum keluarga Ferdy Sambo, Arman Hanis menuturkan, pihaknya akan menyiapkan langkah hukum usai pengajuan banding kliennya dalam sidang banding ditolak.

Untuk diketahui, sidang banding Ferdy Sambo atas putusan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) ditolak oleh majelis sidang kode etik dan profesi Polri (KKEP), Senin (19/9/2022).

"Setelah itu baru kami akan melakukan langkah hukum yang diatur dalam perundang-undangan," kata Arman, kepada wartawan, Senin.

Kendati demikian, Arman tidak merinci seperti apa langkah hukum yang disiapkan nantinya.

Baca juga: Polri Bilang Kakak Asuh Lindungi Ferdy Sambo Cuma Dugaan

Pihaknya masih akan mempelajari terkait putusan banding yang keluar pada hari ini.

"Nanti kami akan pelajari dulu putusan bandingnya, pertimbangannya apa," ujar dia.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved