Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional, SKI Ingatkan Pentingnya Hak Atas Rumah Bagi Masyarakat

Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) menyambut momen Hantaru ke-62 dengan tidak melupakan hak atas rumah bagi masyarakat.

Editor: Panji Baskhara
Kompas.com
Ilustrasi: Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) sambut momen Hantaru ke-62 dengan tidak melupakan hak atas rumah bagi masyarakat. 

WARTAKOTALIVE. COM - Rakyat Indonesia memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) ke-62 pada Sabtu (24/9/2022) besok.

Sambut momentum itu, Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) organisasi masyarakat pendukung Anies Baswedan, ingatkan pentingnya hak atas rumah bagi masyarakat perkotaan.

Berdasarkan Indikator Perumahan dan Kesehatan Lingkungan Tahun yang diterbitkan BPS (2020), sekitar 38 persen rumah tangga di perkotaan tinggal di bangunan bukan merupakan milik sendiri.

Persentase 'pengontrak rumah' makin signifikan di kota-kota besar.

Di Jakarta, misalnya sekitar 45 persen rumah tangga tinggal di bangunan yang dimiliki pihak lain.

"Berdasarkan hasil pengumpulan aspirasi rakyat yang dilakukan SKI di wilayah perkotaan, muncul keprihatinan bahwa sejumlah besar masyarakat belum dapat memiliki rumah sendiri."

"Bahkan banyak pula yang terpaksa tinggal di kawasan yang kurang layak didiami" ujar Sekjen SKI, Raharja Waluya Jati, Jumat (23/9/2022) dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Jati, konstitusi Indonesia telah memberikan arahan yang jelas, bahwa tiap-tiap orang berhak atas tempat tinggal serta hidup yang layak bagi kemanusiaan.

Dengan demikian, pemenuhan hak atas rumah yang layak merupakan keharusan konstitusional yang ditanggung oleh negara.

"Hak atas rumah wajib dipenuhi demi keberlangsungan hidup warga dan untuk meningkatkan martabat manusia dan kemanusiaan."

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved