Gemawira dan Kemenparekraf Latih Pelaku UMKM di Medan

Gemawira bersama Kemenparekraf RI menyelenggarakan pelatihan UMKM berupa kreatif hard skill dan soft skill di Kota Medan

Istimewa
Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) berkerjasama dengan Kemenparekraf RI menyelenggarakan pelatihan UMKM Kreatif hard skill dan soft skill serta bazzar UMKM di Kota Medan 

WARTAKOTALIVE.COM -- Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) bersama Kemenparekraf RI menyelenggarakan pelatihan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berupa kreatif hard skill dan soft skill di Kota Medan, Sumatra Utara.

Bersamaan dengan itu juga digelar juga bazar UMKM. Dalam pelatihan, dihadiri 580 pelaku UMKM dari Kota Medan. Jumlah ini melebih target undangan yang hanya 375 orang.

Ketua Umum Gemawira Diantri Lapian mengatakan tema dari pelatihan ini adalah 'Gercep, Geber dan Gaspoll, Cara Ciptakan Lapangan Kerja Baru Untuk Produk Lokal Unggulan Kota Medan'.

Pelatihan hardskill yang dilakukan kata Diantri berupa  mengelola buah markisa menjadi selai. "Dipilih buah markisa karena buah ini merupakan buah yang banyak terdapat di Medan sehingga sangat mudah di cari bahan baku nya," katanya Jumat (23/9/2022).

Dalam pelatihan hard skill ini, katanya sebagian peserta terlibat langsung dalam praktek pembuatannya. Sementara sebagian lagi mengamati cara pembuatannya. 

"Untuk pelatihan soft skill Kewirausahaan diberikan langsung oleh Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno sesuai tema diatas sekaligus endors satu persatu produk UMKM dari peserta pelaku UMKM yang hadir," katanya.

Baca juga: UMKM Halal Hub Bertekad Bawa Produk Lokal Ikan Patin Hingga Batik Dikenal di Dunia

Sementara itu dari Bank Sumut juga turut hadir menyampaikan bagaimana cara mendapatkan modal usaha Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari bank Sumut.

Diantri Lapian menyampaikan bahwa Gemawira gencar melakukan pelatihan, pendampingan dan pembinaan UMKM di seluruh daerah agar semakin banyak terbuka lapangan kerja di sektor UMKM.

"Dan semakin banyak UMKM yang naik kelas serta semakin luas jaringan promosi dan marketing baik secara nasional maupun ke luar negeri," katanya.

Baca juga: Penjaga Budaya Betawi, Condet Jadi Tuan Rumah Sosialisasi Desa Kreatif Kemenparekraf

Dimana kata dia bisa didapat oleh pelaku UMKM daerah melalui jaringan Gemawira yang telah ada di seluruh provinsi, kota, kabupaten maupun luar negeri.

"Selain itu juga Gemawira sudah mempunyai banyak mitra kerja baik dengan perusahaan-perusahaan, maupun organisasi bisnis sehingga mudah dalam melakukan kolaborasi yang dapat membantu UMKM anggota dan binaan Gemawira mendapat akses dan kerjasama bisnis," katanya.

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved